Review Catatan Akhir Kuliah: Perjuangan Mengejar Cinta dan Lulus Skripsi - TrueID

Review Catatan Akhir Kuliah: Perjuangan Mengejar Cinta dan Lulus Skripsi

TrueID IndonesiaSeptember 12, 2022

Catatan Akhir Kuliah (2015) menceritakan tentang kisah seorang mahasiswa bernama Sam Maulana (Muhadkly Acho) yang menjalani kehidupannya dari awal masuk kuliah hingga susah payah untuk lulus dan mendapatkan gelar sarjana. Sam diterima di Institut Pertanian Bogor (IPB). Ia bersahabat dengan Sobari (Ajun Perwira) dan Ajep (Abdur Arsyad). Ketiganya kemudian berjanji untuk lulus dan wisuda bersama-sama dan jika ada yang lulus duluan maka harus membiayai kuliah mereka yang belum lulus.

null

Di hari pertama juga Sam langsung jatuh hati pada seorang mahasiswi asal Madura bernama Wibi (Elyzia Mulachela). Namun meski dekat dan sering menghabiskan waktu bersama, Wibi pada akhirnya menolak cinta Sam karena ia ingin setia dengan kekasihnya yang tinggal di Madura. Tidak butuh waktu lama, Sam kemudian kembali bertemu dengan mahasiswi cantik lainnya yaitu Annisa Kodok (Anjani Dina). Kodok ternyata sahabat dari mantan pacar Sobari, tapi Sobari tidak mau membantu mencari tahu soal Kodok karena dirinya tidak ingin lagi berhubungan dengan mantan pacarnya.

Dengan berbagai cara Sam akhirnya bisa mendapatkan alamat Kodok. Ia kemudian mengirimkan hadiah secara diam-diam sebuah kotak makan yang berhasil membuat Kodok penasaran akan sosok pengirimnya. Sam juga semakin dekat dengan Kodok setelah Sobari mengajaknya bergabung dengan tim PKM. Akan tetapi, Sam lagi-lagi kembali harus menerima kenyataan kalau Kodok ternyata sudah berpacaran dengan Iwan (Andovi Da Lopez).

null

Di tengah kesedihan, Sam juga harus terus berjuang usai skripsinya yang selalu ditolak oleh guru pembimbingnya. Sementara kedua sahabatnya, Ajep dan Sobari berhasil menyelesaikan skripsi mereka dan lulus terlebih dahulu. Sam kesal dan merasa malu, ia bahkan mulai menjauh dari kedua sahabatnya itu. Terlebih saat ini Sam sudah memasuki semester terakhir ia harus lulus dan menyelesaikan skripsi jika tidak ingin di Drop Out (DO).

Lalu bagaimanakah nasib Sam pada akhirnya? Apakah ia bisa menuntaskan skripsinya tepat waktu atau justru gagal? Lalu bagaimana pula persahabatannya dengan Sobari dan Ajep serta akhir kisah perjuangannya mengejar cinta pada Kodok?

Film Catatan Akhir Kuliah (2015) ini bisa kamu tonton di TrueID, layanan streaming online tanpa perlu berlangganan.

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...