Sang Kiai, Kisah Perjuangan Ulama Melawan Jepang - TrueID

Sang Kiai, Kisah Perjuangan Ulama Melawan Jepang

August 18, 2021
nullHasyim Asy’ari, KH Wahid Hasyim  dan Harun berjuang untuk Kemerdekaan Indonesia  ( Foto:TrueID / Screenshot Sang Kiai)

Film Sang Kiai menceritakan perjuangan Indonesia terhadap bangsa Jepang pada tahun 1942 dimana pada saat itu Jepang melakukan penjajahan ke Indonesia. Film yang disutradarai oleh Rako Prijanto dan dirilis pada tahun 2013 ini, menceritakan sosok KH. Hasyim Asy’ari (Ikranagara) pemimpin pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur. Kiai Hasyim Asy’ari memimpin untuk melakukan perlawanan terhadap Jepang. 

------------

Video Rekomendasi: Warkop DKI – Kompilasi Tingkah Indro

------------

Jepang diceritakan banyak melakukan banyak pelarangan seperti melarang lagu Indonesia Raya, memaksa untuk hormat kepada Matahari dan melarang mengibarkan bendera Merah Putih. Oleh karena itu KH Hasyim Asy’ari sebagai ulama dan pimpinan yang disegani melakukan perlawanan terhadap Jepang. 

nullHasyim Asy’ari dan  KH Wahid Hasyim Saat Melakukan Konfrontasi Dengan Tentara Jepang ( Foto:TrueID / Screenshot Sang Kiai)

Atas dasar perlawanan itu KH. Hasyim Asy’ari akhirnya ditangkap oleh Jepang dan membuat sang Putra yaitu KH Wahid Hasyim (Agus Kuncoro) dan para santri yang salah satunya bernama Harun (Adipati Dolken) berusaha membebaskan sang Ulama. Namun setelah sang Ulama bebas pun, tidak membuat Jepang mundur dan malah memaksa rakyat Indonesia untuk menyerahkan hasil panen. 

------------

Video Rekomendasi: Lagu Yogyakarta Hangatkan Penampilan Mono Stereo

------------

Atas dasar tindakan yang dilakukan oleh Jepang, Presiden Soekarno akhirnya meminta KH. Hasyim Asy’ari untuk membantu perlawanan terhadap Jepang. KH. Hasyim Asy’ari pun menjawab permintaan Presiden Soekarno dengan mengumpulkan santri – santrinya yang dibantu dengan masa penduduk Kota Surabaya untuk berjihad melawan Jepang. 

nullPara Santri yang dibantu Penduduk Saat Melakukan Perlawanan Ke Markas Tentara Jepang ( Foto:TrueID / Screenshot Sang Kiai)

Kisah inspiratif yang membangkitkan rasa nasionalisme wajib kamu tonton di TrueID lewat tayangan streaming tanpa langganan. (Daru) 

undefined

 

Baca Selengkapnya
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...