Review Manusia Setengah Salmon - TrueID

Review Manusia Setengah Salmon

TrueID IndonesiaJanuary 19, 2022

Film asal Indonesia bergenre drama komedi yang berjudul Manusia Setengah Salmon (2013) menceritakan pemuda bernama Dika (Raditya Dika) yang berprofesi sebagai penulis mencoba untuk menghadapi masalah hidupnya sehari-hari. Di antara masalahnya yaitu ketika sang Ibu (Dewi Irawan) yang ingin pindah rumah ke pinggiran kota, hubungan yang renggang dengan sang Ayah (Bucek Depp) dan cerita cintanya dengan pacar yang kelak menjadi mantannya yaitu Jessica (Eriska Rein). Dika juga harus berhadapan dengan Christian (Mo Sidik) editornya yang tergolong rese dan usil serta selalu mengomentari hasil kerja Dika untuk selalu memperbaikinya.

null

Dika (Raditya Dika) dan Christian (Mo Sidik) Saat Membahas Tulisan Yang Akan Diterbitkan

Masalah pertama yang dihadapi Dika adalah harus berhadapan dengan kondisi Ibunya yang memang sudah berumur ingin pindah rumah ke daerah yang lebih tenang dan mempunyai lingkungan yang lebih asri. Dika awalnya yang menolak pun akhirnya menemani sang Ibu untuk mencari rumah baru dan diikuti banyak kejadian lucu saat mereka mencari rumah yang sesuai pilihan mereka. 

Masalah kedua yaitu hubungan Dika dengan sang Ayah yang renggang. Walaupun sang Ayah ingin sekali mempunyai waktu untuk dihabiskan dengan Dika, namun Dika sibuk untuk melakukan kegiatan sehari – harinya salahsatunya dengan bertemu Christian, sang editor majalah untuk membahas tulisannya. Sang Ayah sampai rela mengikuti kegiatan futsal bersama teman-teman Dika untuk mendapatkan waktu bersama dengan Dika.

null

Dika (Raditya Dika) Saat Bersama Mantan Pacarnya, Jessica (Eriska Rein)

Masalah ketiga yang ia harus hadapi dimana ia harus putus dengan pacarnya Jessica karena ketidakcocokan yang terjadi. Beruntung Dika bertemu bekas teman SMP yang cantik bernama Patricia (Kimberly Ryder) secara tidak sengaja yang ternyata mampu menjadi teman curhat Dika sehari – hari. Walaupun Patricia mempunyai postur yang lebih tinggi dari Dika dan sering kali menjadi bahan tertawaan orang – orang, mereka berdua ternyata mampu menjadi pasangan yang saling mengisi satu sama lain. 

Masalah lainnya yang harus dihadapi Dika adalah supirnya yang lama mengundurkan diri dan harus digantikan supir barunya (Akbar Kobar) yang ternyata mempunyai masalah bau badan. Dika pun harus berjibaku dalam aroma yang tidak mengenakkan saat ia disupiri sang supir. Dika yang sempat bingung bagaimana solusi agar sang supir tidak mempunyai masalah bau badan akhirnya memberanikan diri untuk memberikan pewangi badan kepadanya tanpa membuat sang supir tersinggung. 

Belum lagi Dika harus mengurusi adik lakinya yang akan melakukan ujian kenaikan kelas. Dika yang mencoba untuk membimbing adiknya untuk belajar ternyata tidak disambut dengan baik oleh sang adik. Adiknya malah mencoba membuat contekan dan membaca komik yang ditutupi dengan buku pelajaran saat dipergoki oleh Dika.

null

Dika (Raditya Dika) Saat Bertemu Patricia (Kimberly Ryder) Yang Kelak Akan Menjadi Kekasihnya

Namun pada akhirnya dengan segala permasalahan yang ada, Dika mencoba kembali merenungkan bahwa masalah – masalah yang ia punya justru membuat ia semakin sayang dan perhatian terhadap keluarganya dan membuatnya selalu ingin kembali ke rumah layaknya ikan salmon. Dika dan Ayahnya beserta Adik – Adiknya pun membuat acara kejutan untuk sang Ibu di rumah baru yang mereka tempati. 

Film drama komedi Manusia Setengah Salmon (2013) yang sarat makna dan dijamin buat kamu tertawa ini bisa kamu tonton di TrueID layanan streaming online tanpa berlangganan. (Daru)

Baca Selengkapnya
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...