Review Lamaran: Cinta Acha Septriasa Menembus Dua Budaya

January 20, 2021

null

Acha Septriasa memerankan Tiar Sarigar dalam film komedi Lamaran. Film yang digarap oleh sutradara Monty Tiwa ini mengisahkan kehidupan percintaan seorang wanita keturunan Batak. Dikisahkan, ia adalah seorang pengacara muda asal Batak yang ingin sekali mendapatkan kasus pertamanya, tapi bos Rico (Tora Sudiro) seakan terus menghalanginya.

Ketika rapat di kantor, Tiar menyelamatkan Basuki (Marwoto) dari percobaan pembunuhan yang dilakukan oleh Dono (Mongol Stres), orang suruhan bos mafia Arif Rupawan (Dwi Sasono). Basuki merupakan saksi kasus korupsi yang diyakini menyimpan data penting yang melibatkan Arif Rupawan.

Atas keberaniannya, nama Tiar menjadi terkenal setelah media meliput liputan kasus yang ditanganinya itu. Tiar juga diberi kepercayaan untuk menangani kasus Basuki. Dua agen rahasia, La Abo (Arie Kriting) dan Sasha (Sacha Stevenson), kemudian ditugaskan oleh orang misterius untuk melindungi Tiar.

Kedua agen tersebut lalu merekrut resepsionis kantor Tiar yang bernama Aan untuk menyamar jadi pacar Tiar sampai kasus yang ditangani oleh Tiar selesai. Bu Sarigar (Mak Gondut) yang bahagia mengetahui anaknya memperoleh kasus pertama segera menggelar pesta besar-besaran di rumahnya. 

Aan, yang polos dan berasal dari Tasikmalaya, Jawa Barat, juga datang ke pesta Bu Sarigar. Karena tak diundang, keluarga besar Tiar kaget atas kehadiran Aan. Apalagi, mereka tidak percaya Tiar punya pacar yang bukan orang Batak. Sadar penyamarannya akan terbongkar, Aan perlahan berusaha meyakinkan keluarga besar Sarigar dengan menceritakan asal muasal hubungan dirinya dan Tiar.

null

Sementara itu, Bu Sarigar dan Pak Sarigar (Cok Simbara) ingin menjodohkan Tiar dengan seorang pria bernama Raymond (Restu Sinaga). Raymond adalah pengacara Batak level internasional yang tampan dan gagah. Tapi, Raymond lebih suka berusaha sendiri untuk mendekati dan mendapatkan Tiar.

Di situasi lain, ibu Aan yang bernama bu Euis (Wieke Widowati) panik karena anaknya menjalin cinta dengan Tiar, seorang wanita keturunan Batak. Bu Euis terkejut dan kesal dengan Bu Sarigar yang tidak menyukai lalapan. Bahkan, di saat Aan mengadakan pesta di rumahnya, Bu Euis marah karena hidangan makanan yang telah disiapkannya tidak disajikan. Perbedaan budaya pasangan pura-pura inilah yang menjadi bumbu utama yang bisa Kamu lihat sepanjang film.

Suatu hari, Aan mengetahui Bu Sarigar punya cita-cita jadi seorang komika. Bu Sarigar suka beraksi layaknya di acara stand up comedy kepada kerabat yang diundang datang ke rumah setiap minggu. Aan kemudian mengajak Bu Sarigar untuk mengunjungi sebuah kafe yang biasa menggelar open mic stand up comedy. 

Bos Mafia Arif Rupawan akhirnya berhasil ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus pembunuhan yang ditangani Tiar. Saat itulah dua agen rahasia meminta Aan untuk meninggalkan Tiar. Namun sayangnya, Aan berat hati melupakan Tiar. Ia juga keberatan harus mundur dari pekerjaannya sebagai resepsionis dan berhenti melanjutkan rencana lamaran. 

Beruntungnya kisah percintaan pasangan pura-pura ini berubah menjadi rasa cinta yang nyata. Tiar juga merasa dirinya sudah sangat dekat dengan Aan. Tiar lalu berusaha mencari Aan. 

Kisah percintaan antara Acha Septriasa dan Reza Nangin dalam film Lamaran ini memang tak terduga dan menembus lintas batas suku dan budaya. Kamu dapat menonton kisah selengkapnya di TrueID, lewat streaming tanpa berlangganan. Sebuah tontonan menarik bersama keluarga. (Adi)

 

 

Loading...
Loading...
Loading...

Artikel Terkait