3 Fakta Suzanna, Pemeran Dayang Sumbi di Film Sangkuriang

November 23, 2020

Suzanna saat memerankan Dayang Sumbi di film Sangkuriang (RAPI FILMS).

Legenda Sangkuriang yang difilmkan dengan judul yang sama pada 1982 sedikit melepas keidentikan Suzanna dengan film-film horor. Film ini mengangkat kisah legenda lahirnya Gunung Tangkuban Perahu di Jawa Barat. 

Dalam film ini, pemilik nama lengkap Suzanna Martha Frederika van Osch berperan sebagai Dayang Sumbi, ibu dari Sangkuriang. Sangkuriang atau Jaka Sona, nama masa kecilnya, telah hidup terpisah dari ibunya sejak lama. Suatu ketika Sangkuriang membunuh Tumang, seekor anjing yang sebenarnya adalah ayahnya sendiri. Tumang berwujud seekor anjing akibat kutukan Raja Prabangkara, ayah Dayang Sumbi.

Ia membunuh Tumang demi mendapatkan hatinya. Saat itu sebenarnya Dayang Sumbi meminta untuk dibawakan hati menjangan, namun Sangkuriang memilih membunuh Tumang dan mengambil hatinya, untuk kemudian diberikan kepada Dayang Sumbi. 

Pada perjalanan hidupnya itu Sangkuriang bertemu kembali dengan Dayang Sumbi dan kemudian jatuh cinta dengan ibunya sendiri, yang sebenarnya telah mengubah namanya menjadi Larasati. Karena berbagai konflik, Sangkuriang gagal meminang Larasati. Marah dan kecewa, Ia lalu menggunakan kesaktiannya dan menendang perahu, yang kemudian hingga kini dipercaya masyarakat sebagai asal muasal terbentuknya Gunung Tangkuban Perahu di Jawa Barat. 

Berikut fakta Suzanna dalam film ke-22 di perjalanan karirnya yang bisa kamu saksikan ulang dengan nonton tanpa berlangganan di TrueID.

1. Film Legenda Pertama

Dayang Sumbi yang diperankan Suzanna dalam film Sangkuriang menjadi awal karirnya memerankan film bertema legenda pada 1982. Tiga film bertema legenda lainnya kemudian mengikuti perjalanan karir artis kelahiran 13 Oktober 1942, yakni Perkawinan Nyi Blorong (1983), Ratu Sakti Calon Arang (1985) serta legenda Samson dan Delilah (1987). 

2. Sangkuriang, Awal Cinta Suzanna dan Clift Sangra

Rasa cinta Sangkuriang yang diperankan Clift Sangra menjadi nyata. Setahun setelah memerankan Sangkuriang, Clift meminang Suzzana pada Mei 1983, ketika usianya belum genap 18 tahun. Kisah cinta mereka tetap menyatu hingga akhirnya Suzanna menghembuskan nafas terakhirnya pada 15 Oktober 2008. 

Suzanna dan Clift Sangra beradu akting di film Sangkuriang (RAPI Films).

3. Bermain Film Berturut-turut dengan Him Damsyik

Dalam film Sangkuriang, aktor Him Damsyik ambil peran sebagai seorang patih Raja Prabangkara. Tapi, tahukah kamu? Pasca film Sangkuriang, aktor gaek ini tampil di tiga film Suzanna berikutnya secara berurutan, yakni Nyi Blorong (1982), Nyi Ageng Ratu Pemikat (1983) dan Perkawinan Nyi Blorong (1983).

Him Damsyik (kanan) saat memerankan tokoh patih di Film Sangkuriang (RAPI FILMS).

 

Baca Selengkapnya
Loading...
Loading...
Loading...