Review: Natasha Wilona Ngeyel Buka Rahasia Nini Thowok

January 22, 2021
nullPoster film Nini Thowok. (TrueID)

Kisah mistis Nini Thowok bukan hal baru bagi masyarakat Jawa. Sama halnya dengan jelangkung, boneka berkepala batok kelapa ini biasa digunakan untuk memanggil arwah. Hanya saja penampilannya sedikit berbeda dengan jelangkung, Nini Thowok memiliki tinggi seperti manusia dan mengenakan baju perempuan. 

Kisah Urband legend tanah Jawa ini diangkat Erwin Arnada ke layar lebar dengan menyajikan kisah misteri menyeramkan losmen tua di kota Solo. Tak tanggung-tanggung, sederet nama terkenal tampil apik dalam menyajikan kisah horor di film itu. 

Eyang Marni (Jajang C.Noer) seorang wanita jawa, meninggal mendadak dan mewariskan losmen Mekar Jiwo kepada cucunya, Nadine (Natasha Wilona). Situasi itu memaksa Nadine pindah dari Jakarta ke Solo bersama adiknya, Naya (Nicole Rossi) untuk tinggal di losmen tua itu. 

Baru beberapa hari tinggal, Nadine dan Naya sudah diganggu hal mistis. Nadine pun mulai mencari tahu dan menemukan satu ruangan tergembok dari luar dan dilarang dibuka. Sayangnya, Nadine ngeyel, dia memaksa para pembantunya termasuk Mbok Girah (Inggrid Widjanarko) pembantu senior kepercayaan Eyang Marni membuka ruangan. Di dalam ruangan Nadine menemukan benda-benda mistis termasuk boneka Nini Thowok. 

nullMeski dilarang, Nadine tetap ngeyel membuka pintu kamar misteri. (Screenshot Nini Thowok)

Gangguan terhadap Nadine kian menjadi-jadi seiring keputusan keras kepalanya membuka ruangan tertutup itu. Penampakan-penampakan mulai dirasakannya termasuk mengganggu Naya, adik perempuannya. 

Nadine bersama kekasihnya, Ben (Amec Aris) kemudian mulai mencari tahu latar belakang sejarah rumah tua itu. Mengejutkannya, ternyata misteri Nini Thowok dan penampakan arwah Nyonya Oei (Gesata Stella) berhubungan erat dengan Rahmat (Slamet Ambari), seorang pembantu di losmen yang sudah sejak kecil tinggal di rumah itu. 

Nyonya Oei sendiri adalah sesosok perempuan dalam foto misterius yang ada di rumah tersebut. Nyonya Oei pun diketahui sudah meninggal jauh sebelum Eyang Marni menempati rumah tersebut.

Akhirnya diketahui boneka Nini Thowok yang berada di kamar terkunci rapat itu biasa digunakan Nyonya Oei untuk mencari tahu anak perempuannya yang hilang. Dalam upaya pencarian putrinya, Nyonya Oei meninggal mengenaskan. 

Lalu bisakan Nadine dan Ben mengatasi semua gangguan yang menimpa Nadien dan Naya? Mungkinkan keputusan keras kepala Nadine membahayakan nyawa dirinya dan adiknya. 

Film ini banyak menyajikan jumpscare yang akan membuat para penggemar genre horor tertarik menontonnya. Bahkan mungkin bisa membuat penonton terbayang-bayang, terutama ketika pintu lemari terbuka dan kemudian tampak hantu nenek tua dengan rambut acak-acakan. 

Anda berani menonton film ini? Jika iya, yuk streaming filmnya tanpa perlu berlangganan di TrueID. (Tya)

 

 

Loading...
Loading...
Loading...

Artikel Terkait