Mengintip Era 90-an Lewat Perahu Kertas

November 30, 2020


Poster film Perahu Kertas 1

Kisah cinta Kugy dalam film Perahu Kertas diperankan apik Maudy Ayunda. Kugy gadis nyentrik dengan imajinasi dan daya khayal tinggi yang mencintai Keenan, diperankan Adipati Dolken, tapi berpacaran dengan Remi, yang diperankan Reza Rahadian. 

Menariknya cerita ini diangkat dengan latar belakang kehidupan era 90-an. Kugy yang nyentrik menjadi gambaran mahasiswa kala itu, terutama cara berpakaiannya. Anda bisa menyaksikan banyak detail era 90an di film yang bisa ditonton di TrueID.

Pada film Perahu Kertas pertama, ada beberapa ornamen yang sangat menegaskan tahun terjadinya kisah Perahu Kertas itu. Berikut beberapa barang dan ornamen lain yang digunakan dan tersaji di dalam film. 

1. Telepon Genggam
E
ra 90-an atau memasuki tahun 2000, telepon genggam buatan Finlandia, Nokia menjadi penguasa kala itu. Kugy salah satu yang menggunakan produk Nokia dalam film Perahu Kertas. Ia menggunakan handphone Nokia 5510 berwarna biru.

2. Telepon Rumah
Mama Keenan yang diperankan Ira Wibowo sempat menggunakan telepon rumah tanpa kabel yang berjaya di era 90-an. 

3. Komputer Berkonde
Komputer yang digunakan era 90-an terlihat saat Kugy berkenalan dengan rekan-rekannya di tempatnya magang. Ada dua komputer ‘konde’ berwarna biru. Komputer dengan layar komputer tabung seperti ini sangat nge-trend di era awal 2000-an. 

4. Mata Uang Lama
Demi menguatkan cerita berlatar waktu awal 2000-an sutradara Hanung Bramantyo secara detail memperlihatkan mata uang yang berlaku saat itu. Salah satunya, uang pecahan Rp 10.000 bergambar pahlawan Cut Nyak Dien yang diterbitkan Bank Indonesia pada 1998.

5. Gembok Berwarna
Ada beberapa hal lain yang secara detail berusaha diperlihatkan di film Perahu Kertas yang diangkat dari novel Dewi Lestari ini. Di antaranya gembok berwarna yang digunakan di kosan Kugy dan Noni, dan yang paling kentara tentu saja cara berpakaian mereka yang sangat 90-an.


Mungkin Kamu bisa menemukan detail 90-an lainnya di dalam film Perahu Kertas dengan streaming tanpa berlangganan di TrueID.

 

 

Baca Selengkapnya
Loading...
Loading...
Loading...