6 Profesi Kwee Tjie Hoei di Film “Love & Faith” - TrueID

6 Profesi Kwee Tjie Hoei di Film “Love & Faith”

TrueID IndonesiaJune 23, 2022

Kwee Tjie Hoei dalam buku berjudul “Karmaka Suryaudaya: Tidak Ada yang Tidak Bisa” karya Dahlan Iskan digambarkan sebagai sosok pekerja keras. Gambaran inilah juga menjadi tema besar kisah Tjie Hoei yang diperankan Rio Dewanto dalam film “Love & Faith”. 

Sedari kecil, anak dari imigran asal Tiongkok yang mengadu nasib di kota Bandung itu tak pernah lelah membantu ekonomi keluarganya. Berjualan kue keliling bersama sang adik, Kwee Tjie Ong (Dion Wiyoko) sambil menyemir sepatu pelanggan. Dia juga mau bekerja serabutan di rumah-rumah makan di kota Bandung. 

Sampai akhirnya dewasa hingga dia menikah dengan Lim Kwei Ing (Laura Basuki), berbagai profesi dijalani Tjie Hoei. Berikut profesi yang dijalani Tjie Hoei hingga akhirnya menjadi pendiri sebuah bank swasta ternama Indonesia yang memiliki aset hingga triliunan rupiah dan simak kisah “Love & Faith” ini hanya di TrueID, layanan streaming online tanpa berlangganan.

1. Guru Sekolah SMA Tionghoa, Nan Hua. Profesi sebagai guru menjadi pekerjaan pertama Kwee Tjie Hoei setelah lulus SMA. 

null

Kwee Tjie Hoei saat mengajar murid-muridnya di kelas. (TrueID)

2. Tukang Resparasi Alat Elektronik. Demi mendapatkan tambahan penghasilan, Kwee Tjie Hoei bekerja sebagai tukang reparasi alat-alat elektronik.

null

Dibantu temannya, Kwee Tjie Hoei mendapat tambahan penghasilan dari toko reparasi alat-alat elektronik. (TrueID)

3. Pengajar Les Privat. Lim Kwei Ing (Laura Basuki) menyukai cara mengajar Kwee Tjie Hoei di sekolah hingga dia meminta sang guru menjadi guru les pribadinya.

null

Kwee Tjie Hoei sedang memberi les privat kepada Lim Kwei Ing. (TrueID)

4. Pekerja Pabrik Tekstil. Dengan bantuan pengurus sekolah, Kwee Tjie Hoei berhasil bekerja di sebuah pabrik tekstil sebagai seorang pengawas.

null

 Selain mengajar, Kwee Tjie Hoei juga bekerja sebagai pengawas di pabrik tekstil. (TrueID)

5. Manajer Operasional Pabrik. Kwee Tjie Hoei yang akhirnya menikahi Lim Kwei Ing menolak tawaran mertuanya, Lim Khe Tjie dan lebih memilih mencari pekerjaan sendiri. Usahanya sukses dengan menjadi manajer operasional di sebuah pabrik.

null

Kwee Tjie Hoei saat pulang dari pabrik disambut anak dan istrinya. (TrueID)

6. Direktur Utama Bank. Bank besar milik ayah mertuanya, Lim Khe Tjie diambang kehancuran. Mau tak mau, Kwee Tjie Hoei akhirnya turun tangan dan dia langsung masuk dalam jajaran direksi sebagai direktur utama bank. (Tya)

null

Kwee Tjie Hoei saat menghadapi demo para karyawan bank yang menuntut haknya. (TrueID)

Baca Selengkapnya
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...