Review: Susah Sinyal Eratkan Kembali Hubungan Ibu dan Anak

November 25, 2020

Hubungan Ellen dan Kiara mulai membaik saat berlibur di Sumba.

Ernest Prakasa sukses memadukan drama keluarga dengan unsur komedi dalam film Susah Sinyal. Film ini berkisah tentang hubungan seorang wanita karier, Ellen (Adinia Wirasti) dengan anak remajanya Kiara (Aurora Ribero). 

Ellen berprofesi sebagai pengacara muda. Ia juga terhitung sukses membesarkan anaknya seorang diri. Namun, kenangan buruk masa lalu dengan mantan suaminya membuat Ellen memilih menenggelamkan diri di dunia kerja dan membuat hubungannya dengan sang anak tak harmonis. 

Situasi itu membuat Kiara sebagai remaja masa kini yang aktif di dunia media sosial dan hobi bernyanyi lebih dekat dengan sang nenek yang diperankan Niniek L. Karim dibandingkan dengan ibunya sendiri. Neneknya tahu persis apa yang disukai dan diminatinya, berbeda dengan ibunya yang selalu sibuk dan kurang memahami keinginan putrinya.

Pukulan berat harus dihadapi Kiara. Sang nenek kesayangannya meninggal akibat serangan jantung. 

Ellen yang ikut terpuruk akhirnya mengajak Kiara pergi berlibur. Ia memilih Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur sebagai tempat tujuannya berliburnya. Bersama putri semata wayangnya, di tempat inilah kondisi “Susah Sinyal” mulai tergambarkan. 

Di tempat mereka menginap jaringan sinyal telepon sangat sulit didapatkan. Sementara itu jaringan internet di hotelpun rusak. 

Ellen dan Kiara saat berusaha sinyal telepon setibanya di penginapan di Sumba.

Jaringan sinyal yang parah membuat keduanya terputus dengan dunia luar. Tanpa sinyal dan internet hubungan Ellen dan Kiara pun mulai membaik. Keduanya mulai saling mengerti. Kondisi ini terus terjadi hingga mereka kembali ke Jakarta. Hingga pada akhirnya Ellen melakukan sebuah kesalahan fatal yang membuat anaknya kabur dan kembali ke Sumba. 

Kisah Ellen dan Kiara dalam Susah Sinyal lebih menceritakan konflik keluarga ketika seorang remaja kehilangan kasih sayang karena orang tua terlalu sibuk bekerja. Konflik keluarga kian diperkuat ketika dua bintang tamu, Sandra (Gisella Anastasia) dan Marco (Gading Marten) memilih berpisah dan memperebutkan hak asuh anak. 

Namun, drama keluarga jadi tidak terlihat berat karena balutan komedi yang sangat kental di film ini. Sejak awal film, komedian seperti Dodit Mulyanto sudah mengocok perut lewat celotehan polosnya. Kelucuan kian bertambah ketika dua stand up comedian, Arie Kriting dan Abdur Rasyid tampil sebagai petugas hotel di Sumba. 

Dodit Muyanto menghidupkan cerita Susah Sinyal lewat celotehan lucunya.

Film Susah Sinyal ini bertabur bintang dengan nama-nama besar. Selain Gading dan Gisel, turut hadir juga di dalam film Darius Sinathrya, Valerie Thomas dan Asri Welas. Film ini juga sangat kaya dengan sentuhan sosial tentang keberagaman budaya yang ada di Indonesia. Kamu bisa menonton film ini tanpa berlangganan di TrueID.

 

 

Baca Selengkapnya
Loading...
Loading...
Loading...