4 Potret Kebudayaan Khas Korea Selatan di Film Welcome - TrueID

4 Potret Kebudayaan Khas Korea Selatan di Film Welcome

TrueID IndonesiaAugust 22, 2022

Drama asal Korea Selatan, Welcome (2014) menceritakan tentang kisah kembalinya Hye Sok (Shim Hye Jin) ke kampung halamannya Andong karena permintaan ibunya. Di kota Andong, ia bertemu lagi dengan teman sekaligus cinta lamanya Gi Joo (Jeon Noh Min) yang baru saja berduka karena kehilangan ayahnya sekaligus ditinggal oleh istri dan anaknya. Berlatar belakang keindahan kota Andong, kisah cinta keduanya tumbuh meski diwarnai kembalinya suami Hye Sok yang mencoba mengganggu hubungan mereka.

Terdapat beberapa kebudayaan khas asal Korea Selatan yang terlihat jelas di sepanjang film Welcome (2014) yang mewarnai kisah cinta Gi Joo dan Hye Sok. Dan berikut ini, 4 potret kebudayaan khas Korea Selatan yang muncul di film Welcome:

1. Upacara Pemakaman

null

Cerita diawali dengan pemakaman ayah Gi Joo yang juga merupakan pertemuan kembali Gi Joo dengan Hye Sok. Upacara pemakaman yang mewah dan begitu khas dengan kebudayaan Korea Selatan terlihat di awal film Welcome. Di sini, tampak secara jelas bagaimana prosesi upacara pemakaman dengan budaya orang Korea Selatan seperti mengarak jenazah yang ditandu oleh banyak orang dan dibawa berkeliling desa.

2. Pembuangan Abu Jenazah

null

Setelah prosesi upacara pemakaman, abu jenazah kemudian dibuang ke tempat yang diinginkan oleh keluarga mendiang. Gi Joo memilih sungai sebagai tempat ia akan membuang abu jenazah ayahnya. Ditemani oleh sahabatnya Taek Gyoo serta Hye Sok dan ibunya, prosesi pembuangan abu jenazah juga disertai dengan peletakan beberapa persembahan yang juga turut disertakan dalam acara tersebut.

3. Kuil dan Tempat Wisata

null

Saat menjadi supir taksi, Gi Joo mendapatkan permintaan oleh beberapa penumpang untuk mengunjungi tempat wisata khas kota Andong. Gi Joo pun mengantarkan tamu-tamunya ke beberapa tempat bersejarah seperti kuil yang indah.

4. Upacara Pernikahan

null

Di akhir film, Gi Joo akhirnya resmi menikahi Hye Sok. Sebuah upacara pernikahan khas Korea Selatan digelar. Terlihat pakaian unik yang dikenakan oleh pengantin, dilanjutkan dengan ucapan terimakasih dari kedua mempelai dengan mendatangi meja-meja para tamu hingga musik dan tarian khas Korea Selatan yang turut mewarnai upacara pernikahan.

Baca Selengkapnya
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...