Review Secret Zoo: Ketika Kebun Binatang Diisi Hewan Palsu! - TrueID

Review Secret Zoo: Ketika Kebun Binatang Diisi Hewan Palsu!

TrueID IndonesiaMarch 18, 2022

Secret Zoo (2020) merupakan film asal Korea Selatan bergenre drama komedi besutan sutradara Son-Jae gun. Cerita berawal dari Kang Tae-Soo (Ahn Jae-Hong) yang merupakan seorang pengacara tidak tetap di firma hukum besar JW di Seoul. Karena resah setelah tak kunjung juga mendapatkan status sebagai pengacara tetap, Tae-Soo berusaha melakukan berbagai cara termasuk menjilat pimpinan perusahaan Hwang (Park Hyuk-kwon) dengan cara mengorbankan dirinya ketika didemo masyarakat.

Melihat pengorbanan anak buahnya, Hwang berniat memanfaatkan Tae-Soo dengan cara menawarinya pekerjaan sebagai direktur kebun binatang yang berada di bawah firma hukum. Tae-Soo dituntut harus bisa mengembalikan kejayaan kebun binatang itu dalam waktu tiga bulan dan jika ia berhasil, Tae-Soo langsung akan mendapatkan tempat sebagai pengacara tetap sesuai keinginannya.

null

Tanpa berpikir panjang Tae-Soo menerima tawaran tersebut demi jabatan yang sudah lama ia impikan. Namun ia sangat terkejut ketika pertama kali datang ke kebun binatang namun tidak ada satupun hewan di sana. Tae-Soo bahkan melihat Singa dan Jerapah dibawa pergi dari kebun binatang. Setelah bertemu dengan karyawan yang tersisa di kebun binatang, Tae-Soo baru mengetahui kalau kebun binatang ini hampir bangkrut dan terpaksa menjual binatang-binatang yang ada.

Saat memperkenalkan diri sebagai direktur baru menggantikan direktur kebun binatang yang lama yaitu Seo (Park Yeong-Gyu), Tae-Soo mendapatkan sambutan kurang baik dari karyawannya, terutama Dokter hewan yang bertugas di sana, Han So-Won (Kang So-ra). Terlebih saat ini, kebun binatang sudah tidak memiliki hewan yang menarik dan Tae-Soo juga belum pernah mengelola kebun binatang sehingga seluruh karyawannya ragu apakah Tae-Soo mampu mengembalikan kebun binatang seperti dulu lagi.

Namun Tae-Soo mendapatkan ide memalsukkan hewan dengan menggunakan kostum yang sudah dibuat semirip mungkin. Para karywanan diminta untuk memakai kostum tersebut dan menghibur para pengunjung yang datang. Awalnya ide ini tentu ditolak oleh para karyawan, namun mereka akhirnya terpaksa mengikutnya demi menyelamatkan kebun binatang. Meski kemudian kebun binatang dibuka kembali dengan diisi hewan-hewan palsu, pengunjung tetap masih sepi. Sampai suatu hari, Tae-Soo terpaksa menggantikan Seo yang sakit untuk menjadi beruang kutub. Ketika menjadi beruang kutub, Tae-Soo yang kehausan diam-diam meminum minuman soda yang dilempar oleh pengunjung. Tapi ternyata tanpa ia sadari, ada pengunjung yang melihatnya meminum soda kemudian divideokan dan disebarkan di internet. 

null

Video tersebut menjadi viral di media sosial. Akibatnya, pengunjung semakin ramai karena ingin melihat atraksi beruang kutub meminum minuman bersoda. Karena terus ramai, setelah tiga bulan kebun binatang sukses meraup untung besar dan selamat dari kebangkrutan. Tae-Soo juga mendapatkan jabatan sebagai pengacara tetap sesuai janji Hwang karena berhasil mengembalikan kejayaan kebun binatang.

Tapi ternyata, Tae-Soo baru mengetahui kalau pada akhirnya kebun binatang ini akan digusur dan dijadikan sanggraloka. Hwang mengatakan kalau Tae-Soo ditugaskan hanya untuk mengulur waktu sekaligus membuat harga tanah kebun binatang ini menjadi lebih tinggi. Tae-Soo menjadi serba salah, di satu sisi ia berhasil menempati jabatan yang ia inginkan namun dirinya terlanjur mencintai kebun binatang tersebut. Ia juga memikirkan nasib para karyawan yang hidupnya bergantung pada kebun binatang ini.

Lalu bagaimanakah akhirnya nasib dari kebun binatang itu? Apakah Tae-Soo bisa menyelamatkan kebun binatang dari penggusuran? Bagaimana pula cara Tae-Soo menyampaikan pada karyawannya yang sempat merasa bahagia karena kebun binatang sudah kembali ramai lagi dan menganggapnya sebagai pahlawan?

Film Secret Zoo (2020) ini bisa kamu tonton di TrueID, layanan streaming online tanpa berlangganan.

Baca Selengkapnya
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...