Review My Little Baby, Jaya: Balas Dendam Sang Ayah untuk Anaknya - TrueID

Review My Little Baby, Jaya: Balas Dendam Sang Ayah untuk Anaknya

TrueID IndonesiaFebruary 23, 2022

Aksi bullying diantara siswa di sekolah memang kerap menjadi bahasan dan tema utama di beberapa film sebelumnya. Tema ini dianggap sebagai sindiran atau peringatan agar setiap sekolah benar-benar memperhatikan tindakan bullying diantara siswa mereka. Dan salah satu film yang mengangkat tema kekerasan antar sesama siswa di sekolah ini adalah My Little Baby, Jaya (2017). Film yang berasal dari Korea Selatan dengan durasi 102 menit ini menceritakan kisah seorang ayah penderita cerebral palsy bernama Won-Sool (Kim Jung-Kyoon) yang mencari keadilan untuk putrinya, Jaya (Oh Ye-Sol).

Cerita diawali ketika Won-Sool yang merupakan ayah tunggal dan membesarkan Jaya seorang diri, begitu senang saat putrinya tersebut diterima di sekolah seni favorit di kota Seoul. Meski sekolah seni itu tergolong sekolah mahal dan diisi oleh siswa-siswa kaya sementara Ia hanya bekerja sebagai pedagang pakaian dalam wanita dan kaos kaki, tidak membuat Won-Sool ragu untuk mendaftarkan Jaya ke sekolah tersebut. 

null

Mereka berdua kemudian pindah ke kota Seoul. Di hari pertama sekolah, Jaya langsung mendapatkan perlakuan tidak menyenangkan ketika diusir oleh Hye-seon (Kim Saet-Byeol) dari tempat duduknya di kelas. Beruntung, Jaya mendapatkan teman yang baik Min-kyeong (Hwang Do-won) dan keduanya selalu bersama. Awalnya Jaya sempat merasa malu untuk memperkenalkan ayahnya yang memiliki kekurangan fisik pada Min-kyeong namun ternyata sahabatnya itu justru menyapa Won-Sool dengan ramah.

Dalam sebuah seleksi paduan suara, seisi kelas sempat terkejut ketika Jaya menunjukkan kemampuan vokalnya yang luar biasa. Jaya bahkan langsung membuat ketua paduan suara sekolah Yoo-jeong (Lee Cheol-hee) yang merupakan siswa tampan dan populer di sekolah tertarik dengannya. Jaya pun diterima sebagai anggota paduan suara dan ikut serta dalam perkemahan dengan seluruh anggotanya termasuk Yoo-jeon. Di tempat perkemahan, diam-diam Yoo-jeon menyampaikan perasaanya pada Jaya bahkan kemudian mencumbunya. Namun ternyata dari jauh, diam-diam ada yang merekam dengan video kemesraan mereka berdua tersebut.

Video itu kemudian sampai di tangan Hye-seon. Hye-seon marah lalu mencari tahu tentang Jaya lewat Min-kyeong. Min-kyeong yang juga selama ini menjadi korban bully Hye-seon dan kawan-kawannya terpaksa memberitahu latar belakang sebenarnya Jaya. Mengetahui kebenaran tersebut, Hye-seon lalu mengadukan kebohongan Jaya kepada Yoo-jeong dan membuat pria itu marah besar bahkan sampai memukuli Jaya. Jaya lalu berinisiatif bertemu Hye-seon dan meminta maaf, namun ternyata ayahnya justru diejek dan membuat keduanya bertengkar hebat. Jaya yang memang selalu emosional setiap ayahnya dihina memukuli Hye-seon sampai ia harus dirawat di rumah sakit.

Orang tua Hye-seon yang merupakan orang terpandang mengadukan hal ini ke pihak sekolah. Jaya pun dikeluarkan dari sekolah dan kemudian bekerja di sebuah mini market. Ia lalu meminta bantuan kepada bos nya di mini market yang merupakan ahli hukum untuk membuatkan surat keluhan ke Dinas Pendidikan soal perlakuan buruk sekolahnya tersebut. Tak disangka, hal itu membuat pihak sekolah berang. Yoo-jeong dan Hye-seon pun bekerjasama untuk membalaskan dendam pada Jaya.

null

Mereka kemudian beramai-ramai datang ke rumah Jaya. Di sana, Jaya kemudian diperkosa oleh teman-teman Yoo-jeong dan direkam lewat video ponsel. Video tersebut kemudian digunakan Hye-seon untuk mengancam Jaya agar mau terus melayani nafsu bejat teman-temannya. Tidak puas dengan itu, Hye-seon juga memaksa Jaya untuk menjadi wanita panggilan demi terus merendahkan martabatnya. Karena tidak tahan lagi, Jaya lalu memutuskan untuk bunuh diri dengan melompat dari rumahnya.

Setelah enam bulan dari kematiannya, Won-Sool akhirnya baru tahu tentang alasan Jaya bunuh diri lewat sebuah jurnal yang ditemukan bosnya di mini market. Kesaksian sahabatnya Min-kyeong juga semakin menguatkan dugaan soal aksi bullying dari teman-temannya kepada Jaya.

Won-sool mengadukan hal ini ke pihak sekolah namun justru mendapat penghinaan. Sementara itu saat ia melaporkannya ke kepolisian pun tidak mendapati tanggapan karena kurangnya bukti. Karena itulah, Won-sool memutuskan untuk melakukan balas dendam pada orang-orang yang membuat anaknya sampai bunuh diri. Apakah kemudian aksi balas dendam Won-Sool berhasil? Bagaimana nasib sang pembully Jaya itu pada akhirnya?

Film drama asal Korea Selatan My Little Baby, Jaya (2017) ini bisa kamu tonton di TrueID layanan streaming online tanpa berlangganan.

Baca Selengkapnya
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...