Review The End of April: Menikmati Suasana Kelam Apartemen

May 27, 2021

null

Kisah seorang wanita yang menyewa apartemen murah agar bisa belajar dengan tenang demi lolos tes pegawai negeri diceritakan dalam film The End of April. Wanita itu bernama Park Hyun-Jin yang diperankan oleh Park Ji-Soo tidak mempermasalahkan kondisi unit apartemen yang kotor, berdebu dan langit-langit bocor.

Hyun-Jin justru tak habis pikir dengan tetangga di sana yang terlihat mencurigakan dan tidak biasa. Ia melewati dua anak kecil yang sedang bermain seruling di tangga. Sesampainya di depan unit, Hyun-Jin heran kenapa ada plastik sampah, padahal hari itu adalah hari pertama dirinya menempati apartemen. Malam pertama, ia diganggu dengan suara berisik dari unit sebelah yang membuatnya melaporkan kejadian itu kepada agen apartemen (Gi Ju-Bong).

Seperti peserta ujian pegawai negeri pada umumnya, Hyun-Jin mengikuti kursus Bahasa Inggris. Teman kelasnya, Kyung-Soo (Hong Ahn-Pyo), berusaha membantu Hyun-Jin lulus ujian karena dirinya berpengalaman mengikuti tes pegawai negeri. Kyung-Soo perlahan merasa Hyun-Jin pantas menjadi pasangan hidupnya. Keduanya kemudian menjalin hubungan asmara.

null

Untuk membayar uang sewa apartemen, Hyun-Jin sehari-hari bekerja sebagai office girl di sebuah pabrik. Dia bertugas membagikan makanan, membersihkan ruangan dan merapikan dokumen.

Suatu hari, dia dimarahi oleh sang bos dan dipecat karena dianggap tak becus memproses pesanan klien. Di saat tak lagi punya penghasilan, Hyun-Jin menerima pekerjaan baru. Ia dimintai tolong oleh tetangga sebelah untuk mengajari les Kang Joo-Hee (Lee Bit-Na), pelajar sekolah menengah atas yang ingin masuk perguruan tinggi.

Ada kisah kelam pada diri Joo-Hee. Di mata teman-teman sekolah, Joo-Hee dikenal sebagai wanita panggilan demi mendapatkan banyak uang. Ia rela melakukan itu karena tidak diberi uang oleh kedua orang tuanya.

Ayah Joo-Hee (Sung Min-Soo), diceritakan dalam film yang kamu bisa nonton di TrueID tanpa berlangganan, suka berangkat pagi buta dan pulang larut malam dengan kebiasaan memelihara babi di dalam unit apartemen. Ibu Joo-Hee (Jo Kyung-Sook) hidup royal seperti orang kaya, padahal keluarganya sedang dikejar oleh penagih utang.

Untuk memenuhi tugas dari sekolah, Joo-Hee terpaksa mencuri roti di sebuah toko kelontong yang ada di dekat apartemen. Dia memanfaatkan kelengahan Hyung-Goo (Lee Hyuk), penjaga toko berbadan besar yang difabel.

null

Aksi pencurian Joo-Hee ketahuan oleh ibu Hyung-Goo (Lee Yong-Nyeo), tapi Joo-Hee tidak dilaporkan ke polisi. Joo-Hee disuruh datang kembali ke toko dan dipaksa ibu Hyung-Goo untuk melakukan hubungan badan dengan anaknya.

Joo-Hee tidak tahan dengan perlakuan tersebut sehingga dia mempunyai rencana untuk membunuh Hyung-Goo dan ibunya. Beberapa hari kemudian, Hyun-Jin melihat kerumunan orang di depan toko Hyung-Goo. Ternyata, ibu pemilik toko dan anaknya ditemukan tewas terbunuh. Hyun-Jin menduga keduanya dibunuh oleh Joo-Hee.

Petugas layanan sosial, Park Hyun-Jin (Jang So-Yeon), mendatangi toko kelontong milik ibu Hyung-Goo. Diketahui bahwa ibu Hyung-Goo adalah penerima dana sosial yang sering datang ke kantor layanan tempat Park bekerja. Park kaget melihat ibu Hyung-Goo dan anaknya meninggal dunia sampai dia mencurigai sosok Hyun-Jin sebagai pembunuh.

Dirilis pada September 2017, The End of April disutradarai oleh Kim Kwang-Bok, yang juga menulis skenario film bergenre drama tersebut. Film ini bisa kamu tonton tanpa berlangganan di TrueID dan kamu akan turut merasakan seperti apa suasana kelam di sebuah apartemen murah dan tua. (Adi)

 

Baca Selengkapnya
Loading...
Loading...
Loading...