Review Bad Genius: Taktik Curang Si Jenius Lynn

January 18, 2021
nullLynn dan Bank, dua siswa pintar di sebuah sekolah favorit di Thailand. (IG: @badgeniusmovie)

Film Bad Genius menceritakan realita bobroknya sistem pendidikan yang bisa dicurangi sebagian pelajar. Disajikan dengan cara jenius dengan kompleksitas yang masuk akal, film menghibur karya Nattawut Poonpiriya mirip kisah sindikat pencuri di film “Ocean Eleven”.

Lynn (Chutimon Chuengcharoensukying) menjadi tokoh sentral di film ini. Siswi jenius yang masuk ke sekolah favorit dengan beasiswa. Tak hanya pintar, Lynn jago memanipulasi seperti saat meyakinkan kepala sekolah untuk memberikan beasiswa penuh. 

Di sekolah Lynn bertemu Grace (Eisaya Hosuwan), siswa populer yang nilainya di bawah rata-rata. Dari pertemuan itu mereka kemudian berteman dan Grace meminta Lynn menjadi guru lesnya. 

Tapi, Grace yang tak terlalu pintar masih kesulitan saat tes sehingga Lynn nekat membantunya di dalam kelas lewat penghapus yang disimpan di dalam sepatu. Lynn juga sadar, ada kecurangan soal yang dilakukan guru matematikanya. 

Grace menceritakan bantuan Lynn kepada Pat (Teeradon Supapunpinyo), pacarnya yang kaya raya. Pat berani membayar mahal setiap mata pelajaran kepada Lynn jika dia mau membantu dirinya dan siswa lainnya saat ujian. Dan, Lynn akhirnya tergiur. 

Usaha Lynn membantu ujian siswa lain diketahui sekolah setelah ada siswa beasiswa lain, Bank (Chanon Santinatornkul) mengadukan seorang siswa yang menyontek ke Lynn. Mengejutkannya, soal seorang siswa ternyata diselesaikan Lynn. Akibatnya, nama Lynn dicoret dari daftar beasiswa ke Singapura dan Bank mendapat prioritas untuk meraihnya. 

Sukses mencurangi tes di sekolah, para siswa di sekolah ini mulai mencari cara lolos universitas favorit di luar negeri dalam ujian internasional STIC. Kali ini Lynn tak sendiri, dia terbang ke Australia bersama Bank yang gagal ikut ujian beasiswa ke Singapura. Hebatnya, Lynn selalu menemukan cara untuk membantu tes para siswa yang membayarnya. Mulai dari nada piano yang jadikan kode hingga kode yang tersimpan di pensil 2B. Dalam ujian terakhir inilah banyak adegan menegangkan terutama ketika Lynn dikejar penjaga keamanan ujian di stasiun kereta bawah tanah. 

nullLynn saat memberi pengarahan untuk Grace dan Pat saat menghadapi ujian STIC. (IG: @badgeniusmovie)

Bagaimana akhir kisahnya? Film yang rilis 2017 ini sangat menarik untuk disimak dari awal hingga akhir dan kental dengan pesan moral yang membuka bobroknya dunia pendidikan. Simak kisahnya di TrueID, kamu tak perlu berlangganan untuk menyaksikannya. (Tya)

 

 

Loading...
Loading...
Loading...

Artikel Terkait