7 Fakta Sawanee Utoomma, Dukun di Film The Medium - TrueID

7 Fakta Sawanee Utoomma, Dukun di Film The Medium

TrueID IndonesiaNovember 16, 2021

“The Medium” merupakan film mokumenter, sebuah cerita fiksi namun disajikan secara dokumenter, yang di sutradarai oleh Banjong Pisanthanakun. Dalam film ini Banjong menggandeng produser asal Korea Selatan yang bernama Na Hong Jin. 

null

Salah satu adegan Nim sedang melakukan ritual atau harapan. Foto Twitter: @showboxmovie (https://twitter.com/showboxmovie/media)

Tak seperti film horor pada umumnya, “The Medium” lebih menyajikan suasana yang kelam dan gelap daripada visualisasi hantu atau penampakan. Dalam film ini, penonton dibuat takut secara perlahan dan bertahap.

Film ini mengisahkan tentang tim dokumenter yang mendatangi sebuah desa di Isan timur laut Thailand, yang melakukan praktik perdukunan. Mereka memutuskan untuk mengikuti keluarga Nim (Sawanee Utoomma), seorang dukun yang dirasuki Dewa Bayan, Dewa yang juga dipuja oleh masyarakat setempat. Dari generasi ke generasi, Dewa Bayan telah masuk ke anggota keluarga perempuan Nim.

Berikut ini fakta-fakta mengenai Sawanee Utoomma, seorang dukun yang bernama Nim dalam film the Medium.

1. Dewa Bayan awalnya melekat dan ingin masuk ke dalam tubuh Noi (Sirani Yankittikan), kakak dari Nim. Namun Noi menolak tubuhnya dimasuki oleh Dewa Bayan sehingga tubuh Nim yang akhirnya harus dirasuki oleh Dewa Bayan. 

2. Setelah tubuhnya dirasuki oleh Dewa Bayan, Nim menjadi seorang dukun dan cenayang. Ia juga sering didatangi oleh masyarakat setempat untuk berobat dari penyakit-penyakit non medis. 

3. Nim merupakan orang pertama yang menyadari ada keanehan dari perilaku keponakannya, Mink (Narilya Gulmongkolpech), yang ternyata mulai dirasuki oleh sesuatu. 

null

Salah satu adegan Mink sedang dibawa untuk lakukan pengusiran setan. Foto Twitter: @showboxmovie (https://twitter.com/showboxmovie/media)

4. Sempat mengira bahwa Mink dirasuki oleh roh kakak laki-lakinya yang bernama Mike, Nim melakukan ritual ditempat Mike bunuh diri hingga sebulan lamanya.

null

Nim sedang melakukan ritual ditempat Mike bunuh diri selama berhari-hari untuk bisa menemukan Mink. Foto Twitter: @showboxmovie (https://twitter.com/showboxmovie/media)

5. Sebagai seorang tante, Nim berupaya semaksimal mungkin untuk menyelamatkan Mink yang ternyata telah dirasuki oleh roh jahat. 

6. Karena keadaan Mink yang semakin parah, Nim memutuskan untuk mendaki gunung untuk melakukan ritual pengorbanan. Sesampainya diatas, Nim berteriak histeris melihat kondisi patung Dewa Bayan yang tak biasa. Hal ini juga menandakan bahwa akan ada hal buruk yang terjadi. 

null

Patung Dewa Bayan. Foto Twitter: @showboxmovie (https://twitter.com/showboxmovie/media)

7. Saat akan melakukan ritual besar pengusiran roh jahat dari tubuh Mink, Nim secara misterius tewas dirumahnya. (Ins)

undefined

Baca Selengkapnya
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...