The Promise: Menagih Janji Masa Lalu Seorang Sahabat

January 7, 2021
nullBoum dan Ib dalam poster  film The Promise. (Sumber foto: IG Apichaya Thongkham, @lilly_nicha) 

Film horor Thailand selalu menyajikan ketegangan dari awal hingga akhir cerita. Suasana mencekam, latar belakang gelap, hantu berbagai wujud dan penuh jump scare yang bikin copot jantung. 

Sophon Sakdaphisit, salah satu sutradara yang paling jago meramu aksi itu di film horor Thailand. Kepiawaiannya terbukti di tiga film horor legendaris Thailand, Shutter, Laddaland, dan Alone. Kemampuannya ini juga diterapkan pada film The Promise. Film bergenre horor yang rilis September 2017. 

Tapi, tidak seperti film-film sebelumnya yang menampakkan wajah para hantu. Kali ini Sakdaphisit lebih banyak menampakkan siluet dan permainan suasana mencekam yang berbalut musik menegangkan. 

Dalam film The Promise, cerita horor dibalut drama hubungan ibu dan anak.  Boum (Numthip Jongrachatawiboon) dan anak perempuannya, Bell (Apichaya Thongkham) yang menjadi kekuatan film ini. Pesan moral juga begitu melekat pada hubungan mereka. Tentang seorang ibu dan anak yang saling menyayangi dan rela berkorban untuk orang terkasih.

Di awal film The Promise ini, penonton diajak melihat kilas balik perjalanan Boum saat masih remaja yang diperankan Thunyaphat Pattarateerachaicharoen yang bersahabat dengan Ib (Panisara Rikulsurakan). Keduanya bersahabat dan berteman saat Asia, termasuk Thailand dihantam situasi krisis moneter 1997.  

Boum dan Ib saat itu adalah anak dari pengusaha properti. Kedua ayah mereka bekerja sama membangun sebuah kondominium mewah di jantung kota Bangkok. Sayang, krisis menghajar usaha kedua ayah mereka dan akhirnya jatuh bangkrut. 

Situasi keluarga mereka memburuk. Boum dan Ib frustasi hingga akhirnya mereka berjanji melakukan bunuh diri bersama. Ib menembak kepalanya dengan pistol milik ayahnya. Boum yang menyaksikan kematian sahabatnya kemudian justru mengurungkan niat dan kabur dari tempat kejadian. 

Ib yang sudah meninggal menjadi arwah penasaran. Seperti kepercayaan masyarakat Thailand, jika ada roh-roh yang tak bisa kembali ke alam keabadian setelah meninggal, mereka akan menjadi arwah penasaran.

Di situasi itulah Ib datang kembali untuk menuntut janji pada Boum. Seharusnya sesuai kesepakatan kedua sahabat ini, keduanya akan mengakhiri hidup dengan bunuh diri. Melalui Bell, Ib meneror Boum agar Bell menggantikan posisi ibunya untuk bunuh diri. 

nullBoum dan anaknya, Bell yang diteror arwah Ib. (Screenshot film The Promise)

Berhasilkah Ib menagih janji Boum lewat Bell? Simak kisah misterius berbalut drama The Promise dengan streaming tanpa berlangganan di TrueID. (Tya)

 

 

Loading...
Loading...
Loading...

Artikel Terkait