5 Fakta Kpop yang Jarang Diketahui Orang - TrueID

5 Fakta Kpop yang Jarang Diketahui Orang

TrueID IndonesiaSeptember 8, 2022

Musik K-Pop tak bisa dipungkiri sukses menembus pasar dunia internasional. Perbedaan bahasa bahkan tak lagi menjadi pembatas ketika BLACKPINK, BTS atau grup lainnya digemari seluruh kalangan.

Pengetahuan para penggemar juga tak bisa dipungkiri tak terbantahkan, terutama para fandom seperti BLINK, Army, SONE atau yang lainnya. Apalagi jika sudah menyangkut nama grup kesayangannya. 

Tapi, tahukah Anda, ada beberapa hal yang jarang diketahui orang tentang dunia K-Pop. Apa saja itu, berikut 5 fakta yang dirangkum TrueID. 

1. Tahukah kamu, meski dunia K-Pop modern dimulai tahun 1992 lewat Seo Taiji dan Boys, namun sebenarnya dunia K-Pop sudah ada sejak 1925. Menurut sejarah, album “Yo Pungjin Sewol” (“This Tumultuous Time”) oleh artis Park Chae-seon dan Lee Ryu-saek menjadi cikal bakal lahirnya K-Pop. 

null

Seo Taiji and  Boys yang dianggap menjadi pioner lahirnya K-Pop modern. (FT: Istimewa)

2. Setiap tahunnya ada 100 grup K-Pop yang lahir, tapi faktanya hanya 5 persen saja yang menuai sukses. 

3. Ketenaran BLACKPINK dan BTS di Amerika Serikat membuat mereka dianggap jadi pelopor yang menembus pasar “Negeri Paman Sam”, padahal grup K-Pop pertama yang menembus pasar Amerika Serikat yakni The Kim Sisters. Mereka pernah merilis album di Las Vegas pada 2959. Lagu mereka berjudul “Charlie Brown” bahkan pernah menembus posisi tujuh tangga lagu Billboard. 

4. Tahukah kami bintang film mandarin terkenal, Jackie Chan ikut andil mengelola boy band bernama JJCC yang beranggotakan enam orang. 

null

Aktor Jackie Chan dan grup K-Pop asuhannya JJCC. (FT: Istimewa)

5. Biaya pelatihan seorang idol rata-rata mencapai 3 juta dolar AS. Ini karena para trainee berlatih sejak usia sangat belia. Mereka berlatih berjam-jam tiap harinya, musik, menari, belajar bahasa dan keahlian lain. Mirisnya, kebanyakan idol tidak akan terima bayaran dari agensi mereka sampai hutang mereka lunas, kecuali kabarnya SM dan JYP Enertainment yang memiliki kebijakan berbeda. (Tya)

Baca Selengkapnya
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...