5 Idol Ini Keluar karena Kontroversi - TrueID

5 Idol Ini Keluar karena Kontroversi

TrueID IndonesiaJuly 21, 2022

Idola K-Pop harus sempurna. Tuntutan itu tak hanya dari agensi semata tapi juga para penggemar dan netizen yang terkadang menjadi polisi bagi mereka. Kesempurnaan itu mewajibkan juga tidak ada masa lalu hitam yang tersisa. Karena kesalahan sedikit bisa menghancurkan karier atau menenggelamkan mereka. 

Terbaru, HYBE dan Source Music akhirnya membuat keputusan tegas atas situasi yang dialami Le Sserafim. Mereka mendepak Kim Garam yang terlibat kasus bullying semasa sekolah dan mempertahankan Le Sserafim dengan hanya lima member yakni Sakura, Kim Chae Won, Huh Yun Jin, Kazuha dan Hong Eun Chae. Kim Garam menjadi idol tercepat yang diputus kontrak dan didepak dari grupnya.

“Kami memutus kontrak kami dengan Kim. Kami dengan tulus meminta maaf karena telah menyebabkan ketidaknyamanan banyak orang karena kontroversi Kim,” tulis HYBE dan Source Music dalam pernyataan resminya, Rabu (20/7). 

Kim Garam hanya satu dari deretan kisah kontroversial idol yang akhirnya didepak atau mengundurkan diri dari grup mereka. Siapa saja mereka, simak rangkumannya berikut!

1. Kim Garam dari Le Sserafim

Baru menjejakkan karier sebagai idol di usia 16 tahun, Kim Garam harus menelan pil pahit setelah jejak masa lalunya terbongkar. Kasus bullying yang dilakukannya menguak ke publik satu bulan sebelum Le Sserafim menjalani debut pada Mei lalu. Satu persatu korbannya buka mulut dan membeberkan fakta hingga akhirnya HYBE dan Source Music jarang menyertakan Kim Garam dalam promosi album EP “Fearless” sampai akhirnya mereka membuat keputusan Kim Garam didepak. 

null

Mantan member Le Sserafim, Kim Garam. (FB: Le Sserafim)

2. Wonho dari Monsta X

Empat tahun bersama Monsta X, Wonho memutuskan meninggalkan grupnya pada pertengahan 2019 karena tuduhan skandal narkoba. Dia dituduh menggunakan ganja. Kendati dia terus mengelak, tapi kontroversinya berimbas pada Monsta hingga dia memilih mengundurkan diri. Wonho dinyatakan bersih dari tuduhan pada 2020 dan memulai karier solo. 

null

Poster Wonho untuk European Tour.  (TW: @official__wonho)

3. Idol di Skandal Burning Sun

Kasus skandal Burning Sun pada 2018 menjadi skandal terburuk di dunia K-Pop dan Seungri Bigbang terlibat didalamnya. Kasus kekerasan, judi, pengemplangan pajak, prostitusi hingga pemerkosaan. Efek dari skandal ini, Seungri mengundurkan diri dari Bigbang pada Maret 2019 dan kini dia menjalani hukuman tiga tahun penjara. Parahnya, kasus ini juga melibatkan idol lain yakni Jung Joon-young, mantan member Highlight, Yong Jun-hyung, Choi Jong-hoon dari F.T. Island serta Lee Jong-hyun dari CNBLUE yang sama-sama mundur dari grupnya. 

null

Lima selebritis Korea yang terlibat skandal Burning Sun di layar berita SBS. (FT: SBS)

4. Soojin dari (G)I-DLE

Sebelum Kim Garam, Soojin dari grup (G)I-DLE sudah lebih dulu didepak dari grupnya karena kasus serupa. Kejadian itu terjadi pada Agustus 2021 setelah rekan-rekannya semasa SMA mengeluarkan bukti bullying yang dilakukan Soojin. Setelah sempat membantah, CUBE Entertainment akhirnya tak mau ambil pusing dengan mengeluarkan Soojin kendati kebenaran atas tuduhan itu belum sepenuhnya terbukti. 

null

Soojin saat masih aktif bersama (G)I-DLE. (FT: CUBE Entertainment)

5. Jessica dari Girls’ Generation

Salah satu kasus yang mengejutkan pada grup K-Pop terjadi pada September 2014 ketika Jessica Jung meninggalkan Girls’ Generation (SNSD). Kendati Jessica mengaku didepak, faktanya keinginannya membangun bisnis pribadi yang berbenturan dengan padatnya jadwal SNSD sudah diberitahukan SM Entertainment. Apalagi ketika itu terdengar kabar, Jessica ingin menikahi pacarnya Tyler Kwon. (Tya)

null

Jessica Jung saat menceritakan pengalamannya di Bali. (YT: Jessica Jung)
Baca Selengkapnya
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...