RM BTS Beri Dampak Besar untuk Dunia Seni Korea - TrueID

RM BTS Beri Dampak Besar untuk Dunia Seni Korea

TrueID IndonesiaApril 17, 2022

Leader BTS, RM sudah lama dikenal sebagai penganggum karya seni. Dimanapun BTS berada di dalam atau di luar negeri, pemilik nama lengkap Kim Nam-joon selalu menyempatkan diri mendatangi galeri seni atau museum. 

Lihat saja unggahan yang dibagikan RM di akun Instagramnya, @rkive, dimana dia membagikan foto-foto karya seni bernilai tinggi. Seperti patung kuda yang diberi judul “Horse” karya seniman terkenal Kwon Jin Kyu pada 1965. 

“Saya tidak berpikir ketertarikan dan kecintaannya pada seni benar-benar nyata sampai akhirya saya bertemu dia (RM). Mengejutkan, dia sangat serius. Jika RM tidak bermain musik, saya pikir dia akan meneruskan studi di sejarah dan teori seni,” ujar salah satu staf Seoul Museum of Art (SeMA) seperti dilansir Koreaboo. 

null

RM dan foto-foto dia saat berkunjung ke museum. (IG: @rkive)

Tanpa disadari, hobi RM menjelajah galeri seni dan museum memberi kontribusi besar pada dunia seni terutama di Korea. Pendiri sekaligus direktur PKM Gallery, Park Kyung Mee mengatakan karena RM, kini banyak orang yang juga senang mengunjungi museum atau galeri seni di Korea. 

Seperti contoh patung “Horse” yang pernah diunggah RM di akun Instagramnya kini jadi buruan pengunjung di SeMA dalam pameran karya seni “Kwon Jin Kyu Centennial: Angel of Atelier”. Dalam sehari pengunjung bisa mencapai 1300 orang, jauh lebih tinggi dibandingkan sebelum RM mengunggahnya di Instagram. 

Kejadian serupa terjadi pada 2019, ketika RM mengunggah foto keberadaannya di Busan Museum of Art dalam pameran “Space Lee Ufan”. Pengunjung yang biasanya hanya 30-50 orang perhari melonjak menjadi sekitar 210 orang. (Tya)

Baca Selengkapnya
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...