Jual 10 Juta Keping CD, Album Aespa Terlaris Sepanjang Juli - TrueID

Jual 10 Juta Keping CD, Album Aespa Terlaris Sepanjang Juli

TrueID IndonesiaAugust 29, 2022

Dunia K-Pop kembali menggeliat pasca dua tahun dihantam badai pandemi. Titik balik sepertinya mulai terjadi pada Juli lalu, tak hanya terkait konser yang kembali ramai digelar di penjuru dunia, tapi juga penjualan CD dan lagu lewat aplikasi online. 

Rekor terpecahkan dari penjualan CD yang untuk pertama kali tembus 10 juta dalam sebulan. Penjualan merujuk pada laporan dari Circle Chart (dulu terkenal dengan Gaon Chart) dan ini pertama kali terjadi di Gaon Chart sejak mereka hadir pada 2010 lalu

----------

Video Rekomendasi: Dear Stranger

----------

Menurut kepala peneliti Circle Chart, Kim Jin-woo seperti dilansir Koreajoongdaily, Senin (29/8), penjualan album fisik meningkat hingga 40,2 persen pada Juli, dibandingkan bulan sebelumnya. Dari 400 album yang tersedia di chart, terjual lebih dari 10,8 juta kopi, atau naik 116,8 persen dibandingkan Juli 2021. 

Penjualan terbesar pada Juli lalu, pada album EP milik grup Aespa, “Girls” dengan 1,64 juta kopi. Disusul Enhypen dengan EP “Manifesto : Day 1” ( 1,39 juta kopi), Seventeen dengan “Sector 17” (1,33 juta kopi), kemudian ada juga Ateez, girl grup ITZY, penyanyi trot Kim Ho-joonh dan Youngtak, J-Hope dari BTS, BTS sebagai grup dan STAYC.

Total sepanjang tahun 2022, Januari hingga Juli, lebih dari 46 juta CD K-pop sudah terjual. Lebih banyak 1,5 juta kopi dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Menurut, Kim ini terjadi karena penggemar internasional yang membeli lewat mereka. 

“Karena fandom K-Pop berkembang secara global, penjualan (CD) meningkat ke tempat yang belum pernah kami lihat sebelumnya,” terang Kim. (Tya)

Baca Selengkapnya
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...