IU Dituding Plagiat 6 Lagu, EDAM Entertainment Buka Suara - TrueID

IU Dituding Plagiat 6 Lagu, EDAM Entertainment Buka Suara

TrueID IndonesiaMay 11, 2023

Solois IU atau pemilik nama lengkap Lee Ji Eun harus menghadapi kasus hukum karena dituding melakukan plagiat terhadap enam lagunya, “Good Day”, “The Red Shoes”, “Pitiful”, “Boo”, “BBIBBI”, dan “Celebrity”. Gugatan yang diajukan pelapor yang tak mau diungkap namanya sudah ditangani Kepolisian Seoul Seongbuk. 

Atas laporan itu, EDAM Entertainment, selaku agensi IU angkat bicara. Dalam pernyataan resmi mereka, Rabu (10/5), menyatakan mereka mengetahui informasi terkait laporan plagiat dari media sosial dan Youtube. Pihak IU sendiri melalui kuasa hukum Shin Won saat ini masih menyelidiki banyak informasi buruk yang tersebar tentang artisnya sampai pada akhirnya mengetahui laporan terbaru terkait plagiat lagu. 

----------

Video Rekomendasi: Assalamualaikum Netizen

----------

“Terkait ini, hingga saat ini kami belum belum menerima kontak resmi dari lembaga investigasi. Jadi kami pertama kali mengetahui fakta bahwa pengaduan [diajukan] melalui berita di media. Kami belum memeriksa isi pengaduan resmi yang diberitakan media. Kami informasikan bahwa kami sedang dalam proses mencari tahu informasi tersebut,” tulis EDAM dalam pernyataan resmi seperti dilansir Soompi. 

Sebelumnya dalam laporan Maeil Kyungjae, IU dilaporkan ke pihak berwajib karena dugaan plagiat musik. IU dituding meniru intro lagu lain untuk keenam lagunya.

“Lagu-lagu tersebut sangat mirip dengan melodi dan ritme karya aslinya dan seringkali menggunakan chord yang sama. Good Day dan The Red Shows secara khusus sangat mirip (dengan lagu lain),” kata si pelapor dalam pengakuannya, Rabu (10/5) pagi.

Tuduhan ini bukan pertama bagi IU. Lagu The Red Shoes pernah mendapat tudingan serupa pada 2013 lalu, mirip lagu Here's Us milik Nekta dari Jerman. (Tya)

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...