5 Grup Ini Melakukan Hal Pertama di Dunia K-Pop! - TrueID

5 Grup Ini Melakukan Hal Pertama di Dunia K-Pop!

TrueID IndonesiaAugust 18, 2022

Sejak demam musik K-Pop merambah seluruh dunia dalam beberapa tahun terakhir banyak capaian yang diraih grup-grup musik asal Korea Selatan. Tak hanya ketenaran, pundi-pundi uang tapi juga eksistensi yang kian merebak hingga menembus dunia Barat. 

Hingga saat ini, ada empat generasi grup-grup K-Pop. Ada yang masih bertahan, tapi tak sedikit yang akhirnya bubar. 

Dari sejak generasi pertama hingga generasi keempat saat ini seperti aespa, beberapa hal dilakukan pertama kali oleh grup-grup ini di dunia K-Pop. Siapa saja mereka, berikut rangkumannya!

Girls' Generation - Grup pertama yang memberi nama pada fandom mereka

null

Menjalani debut pada 5 Agustus 2007, Girls’ Generation atau dikenal juga sebagai SNSD menuai sukses besar dalam perjalanan karier mereka. Para member menyadari, dukungan penggemar mereka atau lebih dikenal dengan sebutan fandom menjadi salah satu faktor utama. SNSD kemudian memberi nama fandomnya dengan sebutan SONEs dan langkahnya itu kemudian diikuti grup lain dengan penggemar mereka. 

BIGBANG – Pertama yang memiliki lightstick

null

Seperti hanya fandom, lightstick sudah seperti identik dengan industri K-Pop. Grup BIGBANG salah satu yang memprakarasi lightstick untuk penggemar mereka yang disebut Bang Bong. Leader BIGBANG, G-Dragon yang mendesain lightstick tersebut. 

SHINee – Grup yang memiliki video latihan dance pertama 

null

Sudah tak asing lagi, ketika ada grup atau artis solo merilis lagu, ada video latihan dance mereka yang diunggah setelah musik video resmi dirilis. Video latihan dance ini biasanya membuka kesempatan bagi penggemar untuk berlatih mengikuti gaya idolanya. Dan, tradisi ini dimulai dari grup besutan SM Entertainment, SHINee lewat lagu “Replay”. 

GFRIEND – Grup pertama yang melakukan dance random cepat 

null

Bagi yang pernah menyaksikan reality show, Weekly Idol tahu gerakan dance cepat dan random yang dimaksud. Yakni ketika para member grup menari dua kali lebih cepat dari dance biasanya dengan musik dari lagu random yang dimainkan. Yang pertama mempopulerkan ini ternyata GFRIEND pada 2017. GFRIEND sendiri sudah bubar pada Mei 2021 lalu. 

BTS – Grup Korea Selatan pertama yang masuk nominasi Grammy

null

Ajang Grammy sangat bergengsi di dunia musik dan peraihnya sangat dihargai. Namun, bukan hal mudah menembus persaingan di ajang ini kalau tidak memiliki efek signifikan. Meski demikian, BTS berhasil melakukannya. Mereka bahkan dua kali masuk nominasi Grammy di kategori Duo/Grup lewat “Dynamite” pada 2021 dan “Butter” pada 2022. (Tya)

Baca Selengkapnya
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...