5 Grup Besar K-Pop yang Bubar Secara Mengejutkan! - TrueID

5 Grup Besar K-Pop yang Bubar Secara Mengejutkan!

TrueID IndonesiaAugust 14, 2022

Empat tahun perjalanan sebagai grup K-Pop yang menjalani debut pada Januari 2018, Girlkind resmi dibubarkan pada 13 Agustus lalu. Pengumuman itu dilakukan Next Level Entertainment dalam pernyataan resmi mereka. 

“Helo, ini Next Level Entertainment. Kami akhirnya bisa menjawab pertanyaan banyak penggemar. Mohon dipahami, kami butuh waktu membuat pernyataan resmi. Karena masalah internal, setelah diskusi dengan member Girlkind, keputusan akhir, aktivitas grup Girlkind tidak bisa dipertahankan lagi. Aktivitas Girlkind secara resmi berakhir 13 Agustus 2022. Terima kasih untuk mendukung kami dan membuat kenangan bersama kami selama 1670 hari,” tulis Next Level Entertainment.

Bubarnya grup K-Pop bukan hal mengejutkan terutama bagi grup yang baru seumur jagung atau kurang tenar. Dalam sejarah, justru ada beberapa grup K-Pop yang bubar mengejutkan dan pemberitaannya bikin heboh, berikut 5 di antaranya!

1. TVXQ Ditinggalkan 3 Membernya

Grup K-Pop generasi pertama yang menembus pasar global ini membuat chaos pada 2010 ketika tiga membernya, Jaejoong, Junsu dan Yoochun melawan SM Entertainment. Kontrak panjang hingga 13 tahun dan pembagian profit yang tidak adil, ketika itu dikenal sebagai ‘kontrak perbudakan’ membuat mereka mengajukan tuntutan hukum. Tiga member ini akhirnya memutuskan keluar dan membentuk grup JYJ bersama C-Jes Entertainment, sementara Changmin dan Yunho bertahan di SM sebagai duo TVXQ. 

null

TVXQ masih dengan personil lengkap. (FT: SM Entertainment)

2. 4Minute Bubar pada 2016

Dikenal memiliki gaya khas tersendiri, 4Minute yang diperkuat salah satunya member berbakat Hyuna, tiba-tiba membuat publik terkejut ketika tiba-tiba Cube Entertainment membubarkan mereka pada 13 Juni 2016. Pembubaran dikabarkan Koreaboo, karena mereka tidak lagi memberi keuntungan. Di sisi lain, agensi hanya fokus pada Hyuna yang sukses bersolo karier dan mengabaikan member lainnya. 

null

Lima member 4Minute. (FT: Soompi)

3. Banyak Skandal, 2NE1 Bubar

Debut pada 2009, salah satu grup K-Pop paling berpengaruh, 2NE1 bubar pada 25 November 2016. Banyak penyebab bubarnya grup ini, dimulai dari 2014 ketika salah satu membernya Park Bom terlibat skandal obat-obatan terlarang. Publik tidak bisa memaafkannya, meski kemudian dia tampil pada Mnet Asian Music Awards 2015, kemudian menghilang. Setahun kemudian, member lain, Minzy keluar dari grup dan tak lama 2NE1 dibubarkan, sementara CL dan Dara bersolo karier. Enam tahun bubar, member 2NE1 akhirnya reuni di panggung Coachella, 16 April lalu.

null

Park Bomi, Minzy, CL dan Sandara Park, member 2NE1 saat tampil di Coachella. (IG: @ chaelincl)

4. Hyorin Ingin Bersolo Karier, Sistar Akhirnya Bubar

Sistar yang dikenal sebagai K-Pop yang memiliki gaya musik ceria dan dijuluki sebagai ‘ratu K-Pop musim panas’ bubar pada 4 Juni 2017. Starship Entertainment mengumumkan alasan bubar karena member ingin bersolo karier, tapi menurut salah satu perwakilan agensi dalam wawancaranya yang dipublikasikan di AllKPop menyebutkan alasan utamanya karena Hyorin ngotot ingin keluar dari grup dan memilih bersolo karier dan member lain harus menghormati keinginannya untuk berpisah sehingga Sistar akhirnya dibubarkan. 

null

Bora, Hyolyn dan Dasom hadir mendukung konser debut solo Soyou di Seoul, Korea Selatan. (IG: @soooo_you)

5. Agensi Curang, B. A. P Berantakan

Kecurangan paling parah dilakukan TS Entertainment pada grup B.A.P yang diperkuat enam member, Yongguk, Himchan, Daehyun, Youngjae, Jong-up dan Zelo. Debut sejak 2012, sukses besar selama tiga tahun hingga menembus tangga lagu Billboard pada 2013 dan 2014, masing-masing member hanya dibayar 16 ribu dolar AS (234 juta rupiah), padahal agensi menghasilkan lebih dari 9 juta juta dolar (31 miliar rupiah). Setelah perjalanan panjang, akhirnya pada 18 Februari 2019, B.A.P resmi bubar setelah empat member meninggalkan TS Entertainment. (Tya)

null

Grup B.A.P. (FT: Billboard)

Baca Selengkapnya
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...