Taeyang BIGBANG Rilis EP Album [Down to Earth] - TrueID

Taeyang BIGBANG Rilis EP Album [Down to Earth]

TrueID IndonesiaApril 27, 2023

Superstar global TAEYANG (bagian dari BIGBANG) merilis album EP keduanya yang telah lama ditunggu-tunggu berjudul [Down to Earth]. [Down to Earth] bisa didengarkan DI SINI lewat THEBLACKLABEL/Interscope Records. Kumpulan 6 lagu termasuk "VIBE (feat. Jimin of BTS)" sebuah kolaborasi yang sukses besar mencapai #1 di chart Billboard's World Digital Song Sales, dan "Shoong! (feat. LISA of BLACKPINK)" yang baru saja dirilis, yang bisa didengarkan DI SINI.

Sejak proyek pertamanya WHITE NIGHT di 2017, persembahan solo terbaru TAEYANG benar-benar layak untuk ditunggu karena TAEYANG mengambil bagian dalam seluruh proses pembuatan EP dan memiliki kredit penulisan lagu pada setiap lagu di album ini. EP [Down to Earth] dibuka dengan "VIBE (feat. Jimin of BTS)" yang terinspirasi dari R&B tahun 80-an-90-an yang sensasional. Rilisan lintas generasi yang menyatukan superstar dari berbagai era dan saat debutnya langsung masuk di di #76 di Billboard’s Hot 100. Tak perlu diragukan lagi, lagu ini menghasilkan gebrakan besar saat dirilis — mengumpulkan lebih dari 120 juta streaming Spotify dan 100 juta penayangan YouTube.

Single kedua proyek ini, "Shoong!" yang berkolaborasi dengan LISA dari BLACKPINK, merupakan lagu trap yang menggelegar menampilkan vokal halus dari TAEYANG dan rap khas Lisa sebagai kolaboratornya. Duet ini adalah rilisan yang tidak dapat disangkal untuk penggemar di seluruh dunia yang menyukai BIGBANG dan BLACKPINK. Selain fitur uptempo A-list, [Down to Earth] juga menampilkan momen-momen seperti balada yang sangat personal seperti lagu "Seed" dan "Reason" dengan bernuansa tahun 70-an yang sangat romantis. Sementara "Inspiration" adalah penghormatan untuk semua artis yang telah menginspirasi TAEYANG dan menampilkan rapper, Beenzino, dan "Nightfall" dengan sangat pas menutup EP ini dengan duet bersama rekan dari THEBLACKLABEL sendiri, Bryan Chase.

null

Taeyang ft. Lisa (THEBLACKLABEL)

"Album ini berasal dari berbagai emosi dan inspirasi yang saya rasakan di dalam diri saya saat menatap matahari terbenam," kata TAEYANG tentang [Down to Earth]. “Senja yang menghiasi penghujung hari, menyambut malam yang gelap dan bukan pagi yang baru. Sama seperti matahari terbenam, duniaku diwarnai dengan kenangan indah masa lalu, tapi yang kembali padaku adalah malam tanpa henti yang mengikutinya. Maka, saya mulai menyadari bahwa image diri saya selama 6 tahun terakhir tidak jauh berbeda dengan matahari terbenam."

Dia melanjutkan “Di satu sisi, saya sangat tersentuh dan merasa lega oleh matahari terbenam yang sunyi dan bagaimana ia menyapa malam, memenuhi perannya dengan cara yang paling indah. Saat-saat yang berulang dan memberatkan yang tidak dapat saya atasi sendiri membimbing saya kembali ke 'papan gambar'. Dengan demikian, album ini memungkinkan saya untuk menangkap hati saya yang siap untuk melompat kembali ke awal yang baru.”

TAEYANG merenungkan perjuangan personal dan kreatifitas yang dia hadapi dalam beberapa tahun terakhir. "Sekarang saya memiliki pemahaman bahwa pengalaman dan tahapan sebelumnya dalam hidup saya memang diperlukan saat saya mempersiapkan diri untuk membuka babak baru dalam hidup saya ini." dia berkata. "Kepada produser dan anggota staf di THEBLACKLABEL, yang menawari saya rumah baru, dan kepada penggemar saya, yang menunggu selama ini tanpa jaminan apapun, saya ingin mengucapkan terima kasih yang tak terhingga."

null

Taeyang "Seed" (THEBLACKLABEL)

Tidak mungkin membicarakan kebangkitan global K-Pop tanpa membahas BIGBANG, salah satu artis paling berpengaruh dan terkenal di akhir tahun 2000-an dan 2010-an. Mereka adalah yang pertama mendapatkan pengakuan global, tampil di stadion di seluruh dunia untuk jutaan penggemar dalam jumlah yang selalu memecahkan rekor dan telah memengaruhi banyak penampilan dalam berbagia gaya genre musik dan produksi independet. Dijuluki “Kings of K-Pop", BIGBANG adalah salah satu boyband terlaris sepanjang masa, memenangkan lebih dari 100 penghargaan, masuk dalam "Best Concerts List" New York Times, dan mengambil "Best Worldwide Act" di Penghargaan MTV Eropa.

Selain membuat sejarah dengan BIGBANG, TAEYANG juga merupakan artis solo yang berprestasi, merilis empat album yang sangat sukses termasuk dua album yang menduduki #1 di chart Billboard’s World Albums dengan serangkaian hits termasuk “Eyes, Nose, Lips” yang memenangkan "Song of the Year" di semua acara penghargaan utama Korea. Kini, dengan [Down to Earth], TAEYANG siap merebut kembali tahtanya sebagai salah satu artis K-Pop paling berpengaruh.

[Down to Earth] tracklist:

  1. VIBE (feat. Jimin of BTS)

  2. Shoong! (feat. LISA of BLACKPINK)

  3. Seed

  4. Reason

  5. Inspiration (feat. Beenzino)

  6. Nightfall (feat. Bryan Chase)

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...