RM BTS Sumbang 100 Juta Won Demi Pelestarian Budaya Korea - TrueID

RM BTS Sumbang 100 Juta Won Demi Pelestarian Budaya Korea

TrueID IndonesiaSeptember 16, 2022

Leader BTS, Kim Nam Joon atau lebih dikenal dengan sebutan RM menyumbangkan 100 juta won atau setara 1 miliar rupiah untuk pelestarian warisan budaya Korea di luar negeri. Hal itu diumumkan Cultural Heritage Administration and the Overseas Korean Cultural Heritage Foundation, Kamis (15/). 

Dalam pernyataannya mereka mengungkapkan RM meminta agar dana yang disumbangkan digunakan untuk melestarikan, memulihkan, dan memanfaatkan aset budaya Korea di luar negeri. RM sendiri menyumbangkan dananya secara diam-diam dan ini yang keduanya kalinya secara beruntun.

Sumbangan dari RM difokuskan untuk konservasi pakaian tradisional Korea dari Dinasti Joseon di Los Angeles County Museum of Art (LACMA). Seperti diketahui, pakaian tradisonal itu biasanya dikenakan para wanita kerajaan untuk acara seremonial selama berkuasanya Dinasti Goryeo dan Joseon. Dana itu juga akan digunakan yayasan untuk pembuatan katalog untuk memperkenalkan lukisan Korea.

null

Kim Nam Joong atau RM, member BTS. (TW: bts_bighit)

RM selama ini memang dikenal sangat menyukai karya seni. Itu diperlihatkannya dengan sering berkunjung ke museum-museum. Terakhir dia ikut berkomentar tentang eksibisi Korea dan Inggris dalam pameran bertajuk “The Space Between: Modern Korean Art Exhibition” yang digelar di LACMA pada 11 September lalu. 

Pemilik akun Instagram @rkive juga memberi efek besar dengan dunia seni yang disukainya. Seperti kejadian April lalu, ketika dia mengunggah patung kuda yang diberi judul “Horse” karya seniman terkenal Kwon Jin Kyu pada 1965, seketika itu juga pengunjung untuk patung tersebut membludak hingga 1300 per hari. 

Kejadian serupa terjadi pada 2019, ketika RM mengunggah foto keberadaannya di Busan Museum of Art dalam pameran “Space Lee Ufan”. Pengunjung yang biasanya hanya 30-50 orang perhari melonjak menjadi sekitar 210 orang. (Tya)

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...