3 Skandal Pelecehan Seksual Terbesar Selebritis Korea - TrueID

3 Skandal Pelecehan Seksual Terbesar Selebritis Korea

TrueID IndonesiaApril 14, 2022

Gemerlap dunia hiburan Korea Selatan tak selalu menyajikan sisi glamor para selebritisnya yang kerap memabukkan. Tapi, ada juga sisi gelap yang terkadang membuat bulu kuduk merinding. 

Salah satu yang paling sering terjadi dan selalu membuat gempar publik yakni skandal pelecehan seksual yang dilakukan atau yang terjadi pada para selebritis. Kisah skandal ini berujung pada matinya karier sang selebritis atau lebih menakutkan sampai hilangnya nyawa mereka. Dari semua skandal yang ada, berikut ini 3 skandal pelecehan seksual yang melibatkan selebritis Korea!

1. Kasus mantan member B.A.P Himchan.

null

Himchan saat masih aktif menjadi member B.A.P. (IG: @chanchanieeeeee)

Himchan pada Selasa (12/4) akhirnya mengakui semua tuduhan pelecehan seksual yang dilakukannya di Pengadilan Distrik Pusat Seoul di Seocho-gu, Seoul. “Saya mengakui semua tuduhan,” kata Himchan menjawab pertanyaan hakim. 

Himchan sebelumnya dituduh melakukan pelecehan terhadap perempuan berusia 20-an di sebuah vila di Joahnmyeon, Namyangju, pada Juli 2018. Korban berlibur dengan dua pria dan dua wanita, termasuk Himchan yang secara paksa melakukan pelecehan. 

Sebelumnya, di pengadilan pertama, Himchan dijatuhi hukuman 10 bulan penjara dan wajib menyelesaikan program perawatan penyerangan seksual selama 50 jam pada Februari 2021 lalu. 

2. Skandal Burning Sun

null

Lima selebritis Korea yang terlibat skandal Burning Sun di layar berita SBS. (FT: SBS)

Kasus paling menghebohkan pada 2018 tersebut membuat karier lima penyanyi mati karena terbukti bersalah, yakni mantan member BIGBANG Seungri, Jung Joon-young, mantan member Highlight, Yong Jun-hyung, Choi Jong-hoon dari F.T. Island serta Lee Jong-hyun dari CNBLUE.

Joon-young terbukti bersalah dengan penjara lima tahun karena memperkosa perempuan yang tidak sadar, mirisnya kejadian itu direkamnya dan dibagikan rekan-rekannya di grup chat kakaotalk yang beranggotakan para selebritis lain. 

3. Pemerkosaan yang Dilakukan Kris Wu.

null

Kris Wu terancam hukuman 10 tahun penjara. (https://www.instagram.com/p/CP0jsiCHvfM/)

Mantan member EXO, Kris Wu dijebloskan ke penjara pada 16 Agustus 2021 lalu karena diduga melakukan pemerkosaan terhadap beberapa gadis di bawah umur saat mereka dalam kondisi tidak sadar. Kisahnya berawal dari pengakuan Du Meizhu pada 8 Juli 2021, pelajar China berusia 19 tahun yang mengaku diperkosa Kris Wu pada 5 Desember 2020, ketika usianya baru 18 tahun. 

null

Jang Ja-yeon semasa hidup dan saat membintangi Boys Over Flowers. (Berbagai sumber)

Di antara semua kisah, kasus Jang Ja Yeon paling memilukan. Salah satu pemeran drama terkenal Boys Over Flowers itu tewas bunuh diri pada 7 Maret 2009. Dia mengalami depresi sepanjang hidupnya karena dipaksa pihak agensinya melayani para eksekutif dan pejabat di Korea Selatan termasuk seorang mantan wakil menteri. (Tya)

Baca Selengkapnya
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...