5 Hal Berat yang Diemban Sebagai Idol K-Pop - TrueID

5 Hal Berat yang Diemban Sebagai Idol K-Pop

TrueID IndonesiaJuly 6, 2022

Hingar bingar dunia K-Pop tak seindah wajah aslinya. Para idol harus menghadapi latihan berat dan aturan ketat jika ingin tetap menjaga ketenaran. 

Kim Hyoyeon dari Girls’ Generation, Kim Heechul dari Super Junior dan Soyou dari SISTAR mengungkapkan itu di acara “Dolsing Fourmen” yang tayang pada 5 Juli lalu. Tiga idol veteran itu mengungkapkan pengalaman mereka beratnya sebagai sosok seorang idol. 

Heechul mengungkapkan, idol tidak bisa nyaman melakukan berbagai hal seperti pacaran di publik, tidak boleh berantem dengan sesama member atau terlihat bertengkar dan hanya boleh mengunggah hal positif di media sosial. Dari perbincangan ketiganya, berikut hal berat yang dihadapi sebagai sosok idol.

Dilarang Pacaran

Kim Heechul bercerita dirinya pernah bercerita di reality show kalau dirinya pernah pacaran saat berusia 23 tahun dengan perempuan lebih tua yang ditemuinya di klub malam. Tapi, pengakuan itu tidak muncul di acara itu karena SM Entertainment meminta dihapus. 

null

KIm Heechul absen di konser Super Junior: Super Show 9 pada 15-17 Juli mendatang. (FT: SM Entertainment)

Jaga Imej dengan Kepribadian Palsu

Kim Heechul yang terkenal ceplos-ceplos suatu saat akhirnya diperbolehkan founder SM Entertainment, Lee Soo Man menjadi diri sendiri saat tampil di layar televisi. Tapi, yang terjadi member Super Junior itu malah memicu kontroversi saat dirinya mengungkapkan pengalaman pacaran, ciuman pertama dan pacar lamanya yang justru jadi konsumsi gosip. Alhasil, dia harus kembali menjaga imej seperti yang diminta agensi termasuk saat mengunggah di media sosial.

null

Foto Kim Heechul untuk album ke-11 SUPER JUNIOR  Vol.1 [The Road : Keep on Going]. (TW: @SJofficial)

Tak Mudah Interaksi dengan Sesama Idol.

Banyak yang mengira ketika ada konser bareng seperti konser KCON yang menampilkan banyak boy dan girl group K-Pop, interaksi mereka berjalan mudah hingga bisa berpacaran. Padahal pengakuan Soyou, lantai girl dan boy group biasanya terpisah. “Setiap lantai juga memiliki keamanan masing-masing yang menjaga," terang Soyou. 

null

Soyou SISTAR di acara “Dolsing Fourmen” yang tayang pada 5 Juli. (FT: SBS/Soompi)

Tidak Boleh Berantem dengan Sesama Member.

Imej sebagai idol membuat pihak agensi juga membuat aturan bagi setiap member untuk tidak boleh bertengkar dengan sesama member. Tapi, faktanya hal itu sulit terhindarkan. Hyoyeon mengaku dirinya pernah bertengkar dengan leader Girls’ Generation, Kim Taeyeon saat debut, sementara Soyou pernah bertengkar dengan Bora gara-gara outfit untuk tampil di panggung.

“Karena saya sensitif, saya pernah bertengkar dengan Tayeon saat kami debut,” kata Hyoyeon. 

null

Teaser image Hyoyeon untuk album mini "Deep". (TW: @girlsgeneration)

Imej Grup Buat Idol Terpapar Gosip

Setiap grup K-Pop memiliki imej sendiri yang dibangun agensi tak terkecuali SISTAR yang dikenal sebagai grup seksi. Tapi, imej ini memunculkan rumor miring para membernya. Soyou pernah digosipkan membeli rokok di mini market dan jalan bareng pria di sebuah bar. Agensi panik dan menelponnya untuk memastikan. “Agensi saya menelpon untuk mengkonfirmasi, saya tidak meninggalkan rumah. Saya sedang makan ceker ayam sendirian,” ungkap Soyou. (Tya)

null

Bora, Hyolyn dan Dasom hadir mendukung konser debut solo Soyou di Seoul, Korea Selatan. (IG: @soooo_you)
Baca Selengkapnya
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...