Review Nang Nak: Hantu Gentayangan Legendaris Thailand

November 24, 2020

Mak saat kembali ke rumahnya dan disambut istrinya Nak yang menggendong anaknya (Nang Nak).

Apakah Anda pernah mendengar cerita kisah orang yang terjebak di dunia hantu? Seperti kisah seorang mahasiswa yang menaiki kereta yang berisi para hantu atau kisah genderuwo yang menyerupai suami atau istri seseorang. Kisah-kisah horor ini sudah sejak lama mewarnai dunia mistis dan legenda di Indonesia. 

Kisah manusia terjebak dalam dunia mistis ini mirip dengan kisah yang terjadi pada film Nang Nak. Film garapan sineas Thailand yang tenar pada awal 2000-an. 

Kisah ini menceritakan tentang suami istri yang tinggal di pedalaman Thailand di masa Raja Mongkut, di era 1851-1868. Nak yang diperankan Intira Jaroenpura dan Winai Kraibutr yang berperan sebagai Tid Mak hidup bahagia sebagai suami istri. 

Semua berubah ketika Mak harus menjalani perang dan harus meninggalkan Nak yang sedang mengandung anak mereka. Ketika Mak bertempur di medan perang, Nak berjuang keras melahirkan anaknya meski kemudian keduanya tewas. 

Mak yang terluka parah dalam peperangan berhasil disembuhkan para biksu yang menolongnya. Dia kemudian kembali ke rumahnya yang disambut Nak dan buah hatinya. 

Mereka kembali hidup rukun, meski tanpa disadari Mak dia hidup dalam ilusi. Di matanya, rumahnya tertata dengan rapi seperti saat dia menempatinya bersama Nak sebelum pergi berperang. Dia masih tak mengetahui jika istri dan anaknya sudah meninggal. 

Beberapa tetangganya yang mengetahui kematian Nak berusaha keras memberitahu Mak, tapi Mak sendiri menyangkal. Sampai satu ketika seorang biksu memberitahu cara agar dia bisa melihat wujud asli sang istri melalui dua kakinya. 

Mak terkejut bukan main ketika mengikuti nasehat sang biksu. Dia melihat kenyataan pahit, bahwa istri dan anaknya hanya hantu gentayangan. 

Dalam film Nang Nak ini, hantu Nak digambarkan berwujud sosok menakutkan. Dia tak segan-segan membunuh siapapun yang memberitahu fakta dirinya hanyalah hantu kepada Mak. 

Nuansa mistis di film yang rilis pada 1999 ini juga terasa sangat kuat. Tempat pengambilan gambar di daerah sungai pedalaman Thailand didukung dengan musik dan nuansa budaya lokal membuat kisah legendaris kian membuat merinding. 

Di sisi lain, hantu Nak dapat membuat Anda bersimpati. Cintanya yang besar dan tak ingin meninggalkan suaminya, Mak, membuat dia tak rela meninggalkan dunia. 

Bagaimana akhir kisah di film ini? Kamu bisa menyaksikannya tanpa berlangganan di TrueID.

 

 

Baca Selengkapnya
Loading...
Loading...
Loading...