Fakta Menarik Seputar Kontingen Indonesia di SEA Games 2021 - TrueID

Fakta Menarik Seputar Kontingen Indonesia di SEA Games 2021

TrueID IndonesiaMay 24, 2022

SEA Games 2021 akhirnya secara resmi ditutup pada hari Senin (23/5) malam WIB. Setelah sempat tertunda akibat pandemi Covid-19, ajang multievent olahraga antar negara-negara Asia Tenggara telah menuntaskan seluruh pertandingan dan menempatkan tuan rumah Vietnam sebagai juara umumnya. Kontingen Indonesia berhasil keluar sebagai peringkat ketiga dengan torehan 69 medali emas, 91 perak dan 81 perunggu.

Meski secara keseluruhan jumlah medali yang didapat kontingen Indonesia menurun dari SEA Games 2019 lalu di Filipina, namun secara peringkat Indonesia naik dari sebelumnya di urutan keempat menjadi ketiga. Selain itu juga terdapat beberapa fakta menarik kontingen Indonesia, berikut diantaranya:

1. Cabang renang akhiri paceklik emas

Cabang renang putri berhasil mengakhiri paceklik medali emas di ajang internasional. Yang lebih luar biasa, dua atlet renang putri Indonesia yang merupakan debutan lah yang menuntaskan dahaga juara cabang renang putri Indonesia yaitu Masniari Wolf dan Flairene Candrea dengan torehan dua emas.

2. Basket raih emas perdana di SEA Games

null

Foto: ANTARA FOTO/FAUZI SAPUTRA

Tim Nasional Basket Indonesia sukses meraih medali emas untuk pertama kalinya sepanjang sejarah SEA Games usai menaklukkan sang raksasa basket Asia Tenggara, Filipina. Hebatnya lagi, Indonesia juga memutus 13 kali gelar juara beruntun Filipina di ajang ini.

3. Pencak Silat gagal penuhi target

Berbeda dari Renang dan Basket, ajang andalan Indonesia Pencak Silat justru gagal memenuhi target di SEA Games kali ini. Berangkat dengan harapan meraih empat medali emas, atlet Pencak Silat Indonesia hanya berhasil membawa pulang satu medali emas saja. 

4. Empat cabang penyumbang medali emas terbanyak

Prestasi luar biasa ditorehkan oleh empat cabang olahraga yaitu Panahan, Dayung, Kano dan Menembak. Keempat cabang olahraga inilah yang berhasil menjadi lumbung medali emas bahkan Dayung menjadi peraih medali emas perdana di SEA Games 2021 untuk Indonesia.

5. Sepakbola masih belum bisa akhiri puasa gelar juara

null

Foto: Liputan6

Harapan Indonesia untuk akhirnya menuntaskan penantian dahaga gelar juara dari Sepakbola kembali harus tertunda. Timnas U-23 Indonesia gagal mencapai target medali emas dan harus puas membawa pulang medali perunggu dari cabang Sepakbola. Indonesia sendiri terakhir kali merasakan gelar juara dari cabang sepakbola yaitu pada tahun 1991 lalu di ajang SEA Games ketika menjadi tuan rumah.

6. Nyaris gagal berangkat, Tim Futsal bawa pulang perak

Setelah sempat dianggap tidak berpotensi membawa pulang medali dan nyaris gagal berangkat, Timnas Futsal Indonesia justru sukses keluar sebagai juara kedua dan meraih medali perak. Indonesia berhasil tidak terkalahkan di empat pertandingan meski pada akhirnya harus mengakui Thailand sebagai juara usai di laga penentu mengalahkan Vietnam.

Baca Selengkapnya
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...