Timnas Basket Indonesia Raih Medali Emas SEA Games untuk Pertama Kalinya! - TrueID

Timnas Basket Indonesia Raih Medali Emas SEA Games untuk Pertama Kalinya!

TrueID IndonesiaMay 23, 2022

Sebuah sejarah tercipta di kota Hanoi, Vietnam. Untuk pertama kalinya, Tim Nasional Basket Indonesia akhirnya berhasil membawa pulang medali emas dari cabang Bola Basket 5x5 SEA Games 2021 usai di laga terakhir yang sekaligus partai penentuan berhasil mengalahkan Filipina dengan skor 85-81 dalam laga yang berlangsung di Thanh Tri Gymnasium, Hanoi hari Minggu (22/5) sore kemarin. Ini merupakan sejarah karena di sepanjang keikutsertaan Timnas Basket Indonesia di ajang multievent antar negara-negara Asia Tenggara tersebut, Skuat Merah Putih belum pernah sekalipun meraih medali emas.

Menghadapi sang raksasa bola basket Asia Tenggara Filipina, Indonesia membutuhkan kemenangan meski sama-sama mengemas 10 poin setelah kedua tim selalu meraup hasil sempurna dalam lima pertandingan sebelumnya. Sejak quarter pertama, pertandingan sudah berlangsung ketat. Bahkan di quarter ketiga skor sempat berimbang 60-60 hingga akhirnya di quarter keempat, dua kali lemparan bebas sang pemain naturalisasi Marques Bolden akhirnya memastikan kemenangan bagi Indonesia.

Kemenangan inipun disambut luar biasa oleh para pemain dan ofisial Indonesia. Maklum saja, selain mencatat sejarah, Indonesia juga sukses menghentikan dominasi Filipina yang sebelumnya meraih medali emas 13 kali secara beruntun di SEA Games. Prestasi terbaik Indonesia sendiri  di cabang bola basket putra SEA Games sebelumnya adalah meraih empat perak dan tiga perunggu. Para pecinta olahraga di tanah air juga turut membanjiri ucapan selamat untuk Timnas Basket Indonesia yang berhasil tampil mengejutkan. Di media sosial Twitter misalnya, Tim Basket Indonesia menjadi trending topic kemarin.

Sementara itu selain bola basket, Indonesia juga menambah emas dari cabang bergengsi lainnya yaitu Voli Putra. Di laga penentu, Indonesia mampu membungkam tuan rumah Vietnam tiga set langsung 25-22, 25-18 dan 25-15. Kemenangan ini seolah mempertegas kehebatan tim bola voli putra Indonesia setelah di edisi SEA Games sebelumnya tahun 2019, Indonesia juga membawa pulang medali emas dengan hasil sempurna.

Baca Selengkapnya
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...