FFI 2022 Angkat Tema Perempuan, Tunjuk 4 Wanita Jadi Duta - TrueID

FFI 2022 Angkat Tema Perempuan, Tunjuk 4 Wanita Jadi Duta

TrueID IndonesiaMarch 31, 2022

Festival Film Indonesia 2022 secara resmi dirilis pada hari Rabu, 30 Maret 2022 kemarin. Dibuka langsung oleh Ketua Komite FFI 2021-2023 Reza Rahardian dalam konferensi pers secara virtual, FFI tahun ini mengangkat tema Perempuan: Citra, Karya & Karsa. Menurut Reza, tema ini diambil karena melihat dinamika yang terjadi saat ini dimana wanita mengambil peran yang cukup besar dalam industri film tanah air.

“FFI bukan sekedar melahirkan proses kompetisi tapi juga sebagai peta untuk membaca dinamika perfilman Indonesia. Salah satu dinamika yang tergambar adalah andil besar perempuan dalam membangun ekosistem perfilman Indonesia. Oleh karena itu FFI 2022 digelar dengan mengangkat tema Perempuan: Citra, Karya & Karsa,” ujar Reza Rahardian dalam konferensi pers virtual hari Rabu (30/3).

“Tema ‘Perempuan: Citra, Karya & Karsa’ merupakan tema umum festival dan tidak mengikat tema-tema dari film-film yang akan berpartisipasi pada FFI tahun ini,” lanjutnya.

Selain itu, Reza kemudian juga menceritakan makna dari tema tersebut. Pemeran Habibie dalam film Habibie Ainun itu mengungkapkan, makna Citra melambangkan keindahan wanita, karya melambangkan ciptaan yang lahir serta karsa merupakan sumber keindahan karya.

“’Citra’ pada tema melambangkan keindahan perempuan yang abadi, kata ‘Karya’ melambangkan ciptaan yang lahir, dan ‘Karsa’ melambangkan sumber kekuatan keindahan karya yang lahir dari perempuan. Perempuan sebagai insan adalah sumber kelahiran, sedangkan perempuan dalam perfilman Indonesia adalah sumber dari kelahiran sebuah karya,” jelas Reza.

Selain mengungkapkan soal tema, Reza Rahardian juga memperkenalkan empat wanita sekaligus yang akan menjadi duta Festival Film Indonesia 2022. Keempat wanita yang juga merupakan para pemain film papan atas tersebut antara lain Cut Mini, Marsha Timothy, Prilly Latuconsina, dan Shenina Cinnamon. Selanjutnya, FFI juga secara resmi telah membuka pendaftaran film-film yang akan diikutkan dalam ajang FFI 2022 hingga tanggal 31 Agustus 2022 mendatang. Sementara itu malam penganugerahan FFI 2022 sendiri akan digelar pada tanggal 22 November 2022.

“Setelah launching ini menandakan bahwa pendaftaran akan segera dibuka untuk film-film yang tayang dari periode 1 September 2021 hingga 31 Agustus 2022. Kita punya extended time untuk film-film yang akan tayang 2 minggu setelahnya juga bisa mendaftar selama persyaratannya terpenuhi dan itu terjadi sebelum atau pas tanggal 31 Agustus 2022,” tutup Reza.

Baca Selengkapnya
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...