Anxiety Disorder Penyebab Han Sun-hwa Mundur dari Kpop!

TrueID IndonesiaSeptember 17, 2021
nullArtis Han Sun-hwa yang meninggalkan dunia Kpop demi kesehatan mentalnya. (https://www.instagram.com/p/CTABZ3cBmh4/)

Teka-teka mundur Han Sun-hwa dari girl group Secret pada 2016 akhirnya terjawab. Penyanyi yang kini lebih fokus pada dunia akting mengaku mengalami anxiety disorder saat mengejar kepopuleran bersama grupnya. 

Dia berjuang keras menghadapi semua itu dan mengaku mengalami kelelahan fisik dan mental. Aturan ketat sebagai grup membuatnya sulit menjalin hubungan dan membuatnya menjadi keras pada diri sendiri. 

“Saya terlalu keras pada diri sendiri, meyakini kemampuan saya akan berkurang jika saya beristirahat. Ketakutan saya ketika itu adalah tertinggal dari pesaing saya,” kata Han Sun-hwa dalam wawancara khusus dengan Korea Times, Kamis (16/9). 

--------------
Video Rekomendasi: 5 Fakta Menarik Seputar Lisa BLACKPINK

---------------

Artis berusia 31 tahun itu kini merasa tenang setelah beralih ke dunia seni peran. Dia mengaku memiliki banyak waktu untuk diri sendiri dan menyeimbangkan kehidupannya. 

Bukan Han Sun-hwa saja yang mundur dari dunia Kpop yang ternyata sangat keras bagi para artisnya. Mantan member f(x) Sulli memutuskan keluar dari grupnya dan memilih dunia akting karena kesehatan mental. Sayangnya, dia tak pernah berhasil keluar dari jeratan hingga 2019 memilih bunuh diri. 

Kisah tragis sebelum menjadi idol juga pernah dituturkan Euodias kepada BBC, tahun lalu. Warga Inggris berdarah China dan Korea yang menjalani training selama dua tahun di Korea namun memutuskan berhenti sebelum debut karena kerasnya persaingan dan aturan yang dianggap tidak masuk akal bagi remaja berusia sembilan hingga 16 tahun. (Tya)

undefined

Baca Selengkapnya
Loading...
Loading...
Loading...