Aminah ‘Mak Nyak’ Cendrakasih Meninggal Dunia - TrueID

Aminah ‘Mak Nyak’ Cendrakasih Meninggal Dunia

TrueID IndonesiaDecember 22, 2022

Kabar duka datang dari dunia perfilman tanah air. Artis senior Aminah Cendrakasih menghembuskan nafas terakhirnya pada usia 84 tahun hari Rabu (21/12) malam sekitar pukul 20.00 WIB. Sosok yang dikenal berkat perannya sebagai Mak Nyak di sinetron Si Doel Anak Sekolahan tersebut meninggal dunia usai berjuang melawan penyakit glukoma yang sampai membuatnya lumpuh dan tidak bisa lagi melihat.

Adalah akun Instagram Si Doel Anak Sekolahan yang pertama kali mengabarkan berita duka cita ini. Setelah itu aktor Rano Karno kemudian juga mengunggah hal yang sama yang mengonfirmasi kebenaran berita kepergian Aminah Cendrakasih. Aminah Cendrakasih sendiri dimakamkan di satu liang lahat dengan ibunda tercinta, Wolly Sutinah atau yang akrab dipanggil Mak Wok di TPU Karet Bivak hari Kamis, 22 Desember 2022.

"Innalillahi wainna ilaihi rojiun telah Wafat Mak Nyak (Aminah Cendrakasih) pukul 20.00. Semoga Almarhumah diterima seluruh amal ibadahnya Dan diberikan tempat terbaik disisi Allah SWT Aaminn YRA (alfatihah)," tulis akun Instagram Si Doel Anak Sekolahan, Rabu (21/12).

----------

Video Rekomendasi: My First

----------

Aminah Cendrakasih diketahui sudah berjuang selama lebih dari 14 tahun melawan penyakit glukoma yang dideritanya. Selama 14 tahun itu pula, Mak Nyak harus lumpuh, terbaring di atas tempat tidurnya saja dan tidak bisa lagi melihat. Meski dalam kondisi kesehatan yang tidak seperti dulu lagi, ternyata tidak menyurutkan semangat Aminah Cendrakasih untuk tetap berkarya. 

Terakhir, Aminah Cendrakasih masih sempat berakting meski sambil berbaring di atas tempat tidur di trilogi Film Si Doel yaitu Si Doel The Movie, Si Doel The Movie 2 dan Akhir Kisah Cinta Si Doel. Bermain di film Si Doel ternyata sudah menjadi keinginan sejak lama Aminah Cendrakasih karena begitu rindunya sosok kelahiran 29 Januari 1938 itu untuk kembali syuting.

"Karena dia dalam keadaan terbaring sekian tahun ini. Kalau kami lagi jenguk, Enyak nanya kapan nih Doel enyak syuting lagi, enyak mau dong syuting lagi. Jadi akhirnya Bang Doel nelepon ngumpulin keluarga si Doel makan malam. Yuk kita bikin film lagi," cerita Maudy Koesnaedi pada Juli 2018 lalu, seperti dikutip dari detik.com Rabu (21/12).

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...