4 Tahun Berlalu, Begini Kondisi Pelaku Skandal Burning Sun - TrueID

4 Tahun Berlalu, Begini Kondisi Pelaku Skandal Burning Sun

TrueID IndonesiaFebruary 13, 2023

Mantan member BIGBANG, Seungri yang terlibat kasus skandal Burning Sun sudah dibebaskan dari penjara setelah menjalani hukuman selama 18 bulan, pada Kamis, 9 Februari lalu. Pembebasan pemilik nama lengkap Lee Sunghyun, dua hari lebih cepat dari masa hukumannya.

Seperti diketahui, Seungri terlibat skandal Burning Sun, skandal perjudian, pelecehan seksual dan penggelapan pajak yang paling menghebohkan pada 2018. Kasus bermula pada 24 November 2018, ketika seorang pria bernama Kim Sang Kyo dianiaya di Burning Sun, klub milik Seungri karena menolong wanita yang sedang dilecehkan.

Dari situ terbuka fakta berbagai kejahatan yang tersimpan di dalam klub dan melibatkan nama-nama besar di dunia hiburan Korea Selatan. Lalu selain kabar Seungri, bagaimana kabar pelaku lainnya saat ini? Berikut rangkuman yang dilansir Koreaboo.

1. Jung Joon Young

Artis Jung Joon Young masih mendekam di dalam penjara karena dia harus menjalani hukuman lima tahun hingga 2025. Dia pelaku utama yang memperkosa seorang gadis dan merekam ulahnya hingga membagikan me teman-temannya yang akhirnya terseret dalam kasus ini.

null

Jung Joon Young. (FT: Koreaboo)

2. Choi Jonghoon

Mantan member FTISLAND Choi Jonghoon menjalani hukuman 2,5 tahun dan November 2021 sudah bebas. Agensi Jonghoon mengabarkan sang artis kini ikut sang ibu melakukan pelayanan di gereja dan belum berniat kembali ke dunia hiburan.

3. Seungri

Seungri yang baru bebas dari penjara dituduh dengan sembilan dakwaan termasuk salah satunya kasus prostitusi dan penggelapan pajak. Seungri dalam keputusan hakim didakwa tiga tahun, tapi mengejutkan baru menjalani 18 bulan, dia sudah dibebaskan. 

null

Seungri BIGBANG. (FT: Koreaboo)

4. Yong Junhyung

Mantan member HIGHLIGHT, Yong Junhyung ikut terseret dalam skandal ini karena ikut menonton video asusila yang dibagikan Jung Joon Young. Kendati terbebas dari vonis, karier Junhyung redup dan baru kembali November 2022 lalu lewat album solo "Loner". 

5. Lee Jonghyun

Mantan grup CNBLUE, Lee Jonghyun, harus keluar dari grupnya karena dia bagian dari grup perbincangan dan dibebaskan dari wajib militer. Kendati sempat menyangkal, dia ternyata sempat menyaksikan video. Terbebas dari hukuman, namun kariernya tenggelam dan kini dia memilih menghilang dari dunia media sosial. 

null

Lee Jonghyun. (FT: Koreaboo)

6. Roy Kim

Solois Roy Kim sempat didakwa membagikan dan melihat video asusila Yong Junhyung, namun akhirnya tidak terbukti. Setelah namanya bersih, Roy Kim kembali ke dunia musik pada 2020, sebelumnya masuk wajib militer di angkatan laut hingga Oktober 2022 lalu. 

7. Eddie Kim

Artis Eddie Kim sempat mendapat tudingan sama, tapi ternyata dia hanya membagikan foto asusila dari internet yang berbeda dari kasus utama. Namun, Eddie Kim harus menahan malu dan memilih hiatus selama dua tahun, sebelum akhirnya kembali dengan pribadi yang berbeda. (Tya)

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...