Before, Now & Then (Nana) Film Terbaik Festival Film Indonesia 2022 - TrueID

Before, Now & Then (Nana) Film Terbaik Festival Film Indonesia 2022

TrueID IndonesiaNovember 23, 2022

Film drama sejarah, ‘Before, Now & Then (Nana)’ berhasil keluar sebagai pemenang kategori Film Cerita Panjang Terbaik Festival Film Indonesia (FFI) 2022. Dalam malam penganugerahan FFI 2022 yang digelar di Plenary Hall Convention Center hari Selasa (22/11) malam WIB itu, film yang dibintangi Happy Salma dan Laura Basuki tersebut sukses mengalahkan empat film luar biasa lainnya diantaranya, ‘Ngeri-Ngeri Sedap’, ‘Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Lunas’, ‘Mencuri Raden Saleh’ dan ‘Autobiography’. Film yang berlatar Jawa Barat pada era 1960-an ini memang sebelumnya juga sempat meraup sukses di ajang Festival Film Internasional Berlin yang digelar 12 Februari 2022 lalu. 

Pada saat itu, film karya sutradara Kamila Andini masuk nominasi Penghargaan Golden Bear untuk kategori Best Film sementara Laura Basuki menjadi pemenang Silver Bear untuk Best Supporting Performance. Selain di Berlin, film ini tercatat juga memenangkan Festival Film Internasional Brussels dan Asia Pacific Screen Awards sebagai Film Terbaik. Film Before, Now & Then (Nana) sendiri didistribusikan di Indonesia secara digital melalui Amazon Prime Video sejak 1 Agustus 2022.

Sementara itu meski gagal menjadi film terbaik, film ‘Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas’ mampu menyapu bersih penghargaan untuk kategori Pemeran Utama Pria Terbaik (Marthino Lio), Pemeran Utama Perempuan Terbaik (Ladya Cheryl) serta Sutradara Terbaik (Edwin). Film yang mendapatkan nominasi terbanyak di FFI 2022 ini juga membawa pulang penghargaan untuk kategori Penulis Skenario Adaptasi Terbaik (Edwin, Eka Kurniawan) serta Penata Busana Terbaik (Gemailla Gea Gerantiana).

Selain film-film pilihan juri, FFI 2022 juga memberikan penghargaan kepada film, aktor dan aktris terbaik pilihan penonton. Untuk kategori Aktor Pilihan Penonton yang diberi nama Penghargaan Benyamin Sueb FFI 2022, diberikan kepada Vino G. Bastian dalam aktingnya di film ‘Miracle In Cell No.7’. Sedangkan Penghargaan Rima Melati FFI 2022 yaitu kategori Aktris Pilihan Penonton diberikan kepada Aghniny Haque (Mencuri Raden Saleh). Untuk Penghargaan Ratna Asmara FFI 2022, kategori Film Pilihan Penonton sendiri dimenangkan oleh Film Mencuri Raden Saleh.

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...