Film Ngeri-ngeri Sedap Jadi Wakil Indonesia di Piala Oscar 2023 - TrueID

Film Ngeri-ngeri Sedap Jadi Wakil Indonesia di Piala Oscar 2023

TrueID IndonesiaSeptember 14, 2022

Torehan luar biasa kembali diraih oleh film Ngeri-ngeri Sedap. Setelah sukses menjadi perbincangan pecinta film Indonesia usai meraup lebih dari 3 juta penonton selama masa penayangannya, film garapan sutradara Bene Dion Rajagukguk itu kembali membuat kejutan karena terpilih sebagai wakil Indonesia di ajang Oscar 2023. Film Ngeri-ngeri Sedap akan diikutsertakan untuk kategori The International Feature Film Awards di Oscar 2023 mendatang.

Terpilihnya film Ngeri-ngeri Sedap mewakili Indonesia dilakukan lewat seleksi ketat yang digelar oleh Komite Seleksi Oscar Indonesia 2022 yang beranggotakan 9 tokoh perfilman dari berbagai bidang hingga wartawan dan kritikus film. 9 tokoh tersebut antara lain Deddy Mizwar, Zairin Zain, Armantono, Cesa David Luckmansyah, Garin Nugroho, Ilham Bintang, Niniek L Karim, Slamet Rahardjo, dan Yadi Sugandi. Seluruh anggota berkumpul dan melakukan seleksi pada hari Senin, 12 September 2022 lalu di Studio XXI Plaza Senayan, Jakarta. 

----------

Video Rekomendasi: Dear Stranger

----------

Menurut salah satu anggota komite seleksi, Deddy Mizwar beberapa persyaratan yang harus dipenuhi agar sebuah film bisa mengikuti Oscar antara lain pernah dipertunjukkan di bioskop selama satu minggu berturut-turut serta beberapa hal teknis lainnya.

"Inilah maksimal yang dihasilkan komite seleksi Oscars Indonesia, selebihnya mari kita mendoakan bersama semoga tahun ini film kita itu bisa berjaya di ajang oscar" ujar Deddy Mizwar seperti dikutip dari detik.com.

Ngeri-ngeri Sedap menjadi film Indonesia pertama dalam 35 tahun terakhir yang diikutkan di Oscar setelah terakhir kali film Nagabonar juga dikirimkan pada tahun 1987 lalu. The International Feature Film Award sendiri merupakan kategori yang selalu diberikan oleh Academy of Motion Picture Arts and Sciences setiap tahunnya dan rata-rata berisi film dengan dialog non-bahasa Inggris. Oscar 2023 atau The 95th Academy Awards dijadwalkan akan digelar pada 12 Maret 2023 mendatang.

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...