5 Film Horor Indonesia Terlaris Sepanjang Masa - TrueID

5 Film Horor Indonesia Terlaris Sepanjang Masa

TrueID IndonesiaJuly 28, 2022

Film bergenre horor tak bisa dipungkiri menjadi salah satu yang paling diminati khususnya oleh penikmat film Indonesia. Antusiasme penonton Indonesia pada film horor terlihat jelas khususnya di tahun 2022 ini, dimana tiga dari lima film yang berhasil menembus jumlah 1 juta penonton adalah film bergenre horor. Tak heran jika kemudian banyak produser dan sutradara yang ramai-ramai membuat film horor lainnya yang tidak kalah bagus dari film sebelumnya. Terkini, ada film Pengabdi Setan yang membuat sekuel lanjutan berjudul Pengabdi Setan 2: Communion yang luar biasanya bahkan bakal tayang di layar IMAX. 

Kesuksesan film bergenre horor tanah air terbukti dari jumlah penonton yang hampir selalu menjadi box office. Dan berikut ini adalah 5 judul film horor Indonesia yang paling laris sepanjang masa diambil dari berbagai sumber:

1. Danur 2: Maddah (2.5 juta penonton)

Rilis pada tahun 2018, film yang merupakan sekuel dari Danur ini berhasil meraup lebih dari 2,5 juta penonton selama penayangannya. Film ini menceritakan sosok Risa yang kembali harus bertemu dengan hantu wanita misterius di rumah tantenya. Film lanjutan dari Danur 2 yaitu Ivanna sendiri juga tampaknya akan segera masuk daftar terlaris karena hingga saat ini sudah berhasil menembus 2 juta penonton dan masih tayang di bioskop.

2. Danur: I Can See Ghost (2,7 juta penonton)

Film horor terlaris keempat ternyata juga masih ditempati film Danur, yaitu Danur: I Can See Ghost yang merupakan film perdana dari Danur Universe. Film yang rilis pada tahun 2017 ini awalnya diangkat dari novel horor karya Risa Saraswati dan menceritakan tentang kisah nyata si penulis yang bisa melihat hantu bahkan berteman dengan hantu-hantu tersebut. Danur: I Can See Ghost sendiri sukses menembus jumlah 2,7 juta penonton.

3. Suzzanna: Bernapas dalam Kubur (3,3 juta penonton)

Film yang merupakan remake dari film legendaris Suzzanna ini rilis pada tahun 2018 lalu. Dibintangi oleh Luna Maya yang berperan sebagai Suzzanna, artis yang dikenal juga sebagai presenter itu berhasil memerankan sosok mendiang Suzzana dan terbukti dari antusiasme penonton yang tercatat mencapai jumlah 3,3 juta hingga akhir masa penayangannya.

4. Pengabdi Setan (4,2 juta penonton)

Film karya Joko Anwar sebenarnya sempat bertengger hampir selama lima tahun sebagai film horor paling laris sepanjang masa. Total meraup jumlah 4,2 juta penonton selama masa penayangannya, film ini merupakan remake dari film berjudul sama yang sempat hits di tahun 1980an lalu. Berkaca dari kesuksesan film perdananya, Pengabdi Setan pun akan segera merilis sekuel yang berjudul Pengabdi Setan 2: Communion bahkan dengan versi IMAX yang membuatnya menjadi yang pertama di Indonesia.

5. KKN Di Desa Penari (9,2 juta penonton)

Tidak hanya menjadi film bergenre horor terlaris, film KKN Di Desa Penari juga berhasil mencetak sejarah sebagai film Indonesia terlaris sepanjang masa. Berhasil meraup lebih dari 9,2 juta penonton, film garapan sutradara Awi Suryadi ini mengalahkan rekor Warkop DKI Reborn: Jangkrik Bos yang bertahan selama enam tahun. Film KKN Di Desa Penari diangkat dari kisah nyata yang begitu viral dari sebuah thread di Twitter. Sempat dijadwalkan rilis pada tahun 2020 lalu dan terus tertunda karena pandemi Covid-19, film ini akhirnya rilis di tahun 2022 dan mencatatkan kesuksesan yang begitu luar biasa. (Ridho)

Baca Selengkapnya
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...