Jual Tiket Lebih dari Kapasitas Salah Satu Alasan Berdendang Bergoyang Dibatalkan Polisi - TrueID

Jual Tiket Lebih dari Kapasitas Salah Satu Alasan Berdendang Bergoyang Dibatalkan Polisi

TrueID IndonesiaOctober 31, 2022

Setelah di dua hari pertama pelaksanaannya terus memicu kritikan dan protes dan para pengunjung bahkan pada hari kedua salah satu panggung harus ditiadakan karena kondisi yang sudah tidak kondusif hingga banyak penonton yang pingsan, akhirnya pihak kepolisian secara resmi mencabut izin festival musik Berdendang Bergoyang hari ketiga pada Minggu, 30 Oktober 2022. Kepastian tersebut diungkapkan langsung oleh pihak panitia penyelenggara lewat akun Instagram @berdendangbergoyang. Dalam unggahannya, panitia mengucapkan permohonan maaf atas tidak bisa terselenggaranya konser musik di hari ketiga Berdendang Bergoyang. 

nullSumber Foto: Instagram Berdendang Bergoyang

"Dengan sangat sedih hati, kami mengumumkan bahwa Berdendang Bergoyang Festival hari ke-3 tanggal 30 Oktober 2022 harus ditiadakan. Dengan alasan keselamatan dan aturan dari pihak berwajib, kami harus terpaksa meniadakan acara pada hari ke-3. Permintaan maaf sebesar-besarnya atas kekecewaan dan harapan dari kalian seluruh Rakyat Berdendang. Kami sadar dan menerima semua kritikan dari kalian untuk jadi lebih baik ke depannya. Kami meminta maaf yang sebesar-sebesarnya atas kejadian ini, ke depannya kami akan terus melakukan evaluasi dan persiapan yang matang dengan tetap mengikuti prosedur dan mengutamakan keselamatan dan keamanan penonton," ," tulis panitia Berdendang Bergoyang dalam unggahan di Instagram tersebut.

Untuk selanjutnya, para penonton sendiri bisa mengajukan permohonan refund tiket. Untuk informasi cara melakukan refund, penonton bisa mengikuti arahan yang diberikan oleh pihak panitia di akun Instagram @berdendangbergoyang. 

“Dengan ini kami mengumumkan untuk seluruh pembeli tiket Berdendang Bergoyang Festival 2022 tanggal 29 & 30 Oktober 2022, serta 3 Days Pass dapat mengajukan permohonan refund atau pengembalian uang tiket 100%. Berikut informasi mengenai proses pengajuan refund tiket melalui bit.ly/REFUNDTIKETBBF (semua capslock) atau klik link di bio. Mohon dibaca dan diperhatikan detil mekanisme refund yang sudah kami infokan melalui unggahan media sosial resmi kami,” jelas pihak panitia. 

Sementara itu Polda Metro Jaya mengungkapkan, alasan dicabutnya izin hari ketiga festival musik Berdendang Bergoyang adalah karena buruknya manajemen penonton. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan mengatakan, pihaknya sebenarnya sudah melakukan evaluasi sejak hari pertama konser namun saat itu menurutnya dari pihak panitia justru banyak yang tidak datang. 

"Nah, itu kemarin gini, kan itu konsernya tiga hari ya, tiga hari kan. Hari pertama berjalan, dievaluasi sebenarnya oleh Polda dengan pihak penyelenggara. Kemudian kemarin diajak rapat itu, dari penyelenggara banyak tidak hadir. Di situ Polda sudah memberikan masukan, karena dari flow-nya gitu tuh nggak jalan aliran penonton itu ke mana gitu ya. Itu banyaknya nggak jalan, udah dievaluasi," ujar Kombes Endra Zulpan seperti dikutip dari detik.com, Minggu (30/10).

Selain masalah flow penonton, salah satu hal yang ternyata cukup mengejutkan adalah pihak panitia yang dikabarkan mencetak jumlah tiket lebih banyak dari kapasitas venue konser. Karena itulah Polda Metro Jaya tanpa ragu untuk mencabut izin karena dianggap sudah melakukan pelanggaran.

"Yang lebih mengagetkan kita, ternyata mereka mencetak karcis lebih dari pada yang dia laporkan, begitu. Jadi, polda resmi mencabut ini. Walaupun dia sudah menjual tiketnya, kita cabut juga, nggak ada alasan. Panitia mencetak tiket itu berlebihan dari kapasitas yang ada sehingga ini dianggap pelanggaran juga oleh Polda," beber Endra Zulpan.

"Dan ini sangat membahayakan. Kita tidak ingin apabila diberikan lagi izin seperti malam ini, ini nanti dikhawatirkan akan menimbulkan korban jiwa.Ya karena faktor keselamatan dan keamanan jiwa bagi para penonton. Karena yang ada di lapangan itu ternyata kapasitas yang ada di tempat acara ya dengan jumlah penonton yang hadir ini melebihi," tutupnya.

Festival musik Berdendang Bergoyang sebelumnya dijadwalkan akan digelar selama tiga hari berturut-turut dari tanggal 28 hingga 30 Oktober 2022. Berdendang Bergoyang menampilkan lebih dari 40 musisi yang menjadi pengisi acara, dari Rhoma Irama hingga grup band dan para musisi muda. Pada hari ketiga sendiri beberapa musisi yang seharusnya dijadwalkan tampil antara lain Ahmad Band, Setia Band, Rossa sampai D Masiv.

Baca Selengkapnya
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...