5 Selebriti Ini Usik Sejarah Negara dan Harus Minta Maaf - TrueID

5 Selebriti Ini Usik Sejarah Negara dan Harus Minta Maaf

TrueID IndonesiaJanuary 13, 2023

Member ENHYPEN, Jay Park harus meminta maaf karena dianggap meremehkan sejarah Korea Selatan. Permintaan maaf itu dituliskan secara resmi Jay dalam pengumuman resmi, Rabu (11/1/2023). 

"Apapun alasannya, dengan tulus saya meminta maaf kepada ENGENE (penggemar ENHYPEN) atas ketidaknyamanan dan keributan yang saya lakukan. Saya berbicara negatif tentang sejarah penting Korea karena pengalaman saya secara pribadi. Itu bukan topik yang bisa dibicarakan gegabah hanya karena pengalaman saya," kata Jay dalam pernyataan resminya. 

Apa yang menjadi penyebab Jay minta maaf? Dan siapa lagi selebriti yang tersandung kasus serupa?

Jay ENHYPEN

null

Jay ENHYPEN. (FT: Soompi)

Jay harus minta maaf karena dia dianggap mengejek sejarah Korea Selatan ketika mengadakan siaran langsung bersama rekannya, Sunghoon. Ketika Sunghoon berbicara dirinya saat sedang menyukai belajar sejarah, Jay mengomentarinya dengan enteng. 

"Saya lebih menyukai sejarah dunia. Saya belajar banyak sejarah Korea di sekolah. Saya pikir tidak terlalu banyak informasi. Ketika Anda belajar beberapa minggu, semua tuntas dengan cepat. Seperti cerita pendek," kata Jay yang membuat netizen Korea berang. 

Tiffany Girls Generation

 

Unggahan Tiffany Young berujung petaka. (FT: Istimewa)

Tiffany Young pada 2017 pernah salah langkah saat menggunakan emoji 'Matahari Terbit' yang merupakan simbol Jepang sebagai penjajah. Mirisnya, Tiffany yang lahir dan besar di Amerika Serikat, membagikan emoji jelang momen kemerdekaan Korea Selatan yang sebelumnya lama dijajah Jepang. 

Sowon GFriend

null

Sowon GFriend dengan patung Nazi. (FT: Istimewa)

Kim Sowon dari GFriend pada Februari 2021 lalu harus meminta maaf kepada publik karena foto barengnya dengan manekin tentara Nazi. Dengan wajah sumringah dan senyuman, Sowon memeluk manekin tentara yang menjadi representasi kekejaman Nazi. Inilah yang membuat dia kemudian dikritik semua orang hingga harus meminta maaf. 

Member BTS

null

RM BTS saat mengenakan topi Nazi dan kaos yang dikenakan member BTS lainnya. (FT: Istimewa)

Pada 2018, BTS jadi pusat perhatian ketika leader Kim Namjoon alias RM mengenakan topi bermotif Nazi. Tak lama juga, ada member lainnya yang mengenakan kaos bertema perayaan pemboman nuklir di Jepang. Akibat ulah mereka, manajemen BIG HIT harus meminta maaf ke publik. 

PSY Gangnam Style

null

PSY. (FT: P Nation)

Rapper terkenal Korea Selatan, PSY, yang terkenal lewat Gangnam Style pada 2002 dan 2004 sempat membuat ulah dengan mengungkapkan kata kasar pembunuhan "Yankees" saat protes anti militer Amerika Serikat. Akibatnya, PSY harus meminta kepada militer dan publik Amerika Serikat sebelum bertemu Barack Obama, Presiden Amerika Serikat ketika itu.  (Tya)

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...