Dinilai Tak Transparan, Ahmad Dhani Keluar dari LMK WAMI - TrueID

Dinilai Tak Transparan, Ahmad Dhani Keluar dari LMK WAMI

TrueID IndonesiaMarch 21, 2022

Musisi senior, Ahmad Dhani secara mengejutkan mengumumkan dirinya akan keluar dari Lembaga Manajemen Kolektif Wahana Musik Indonesia (LMK WAMI). Personel yang juga sekaligus pencipta lagu mayoritas di grup band Dewa 19 itu memutuskan untuk mengurus sendiri royalti hingga distribusi karya-karya ciptaannya. Dhani juga mengaku kalau dirinya sudah mengirimkan surat kepada WAMI sebagai bentuk pernyataan resmi dirinya keluar dari WAMI.

"Jadi, saya mau menyampaikan kepada teman-teman, mulai hari ini juga saya akan mengirim surat kepada WAMI bahwa saya akan mundur dari WAMI sehingga semua lagu karya saya benar-benar ada di tangan saya semua," ujar Ahmad Dhani, seperti dikutip dari kumparan.com hari Minggu (21/3).

Menurut Dhani, WAMI sebagai lembaga yang dipercaya untuk mengumpulkan royalti karya-karya lagu miliknya tidak memberikan laporan secara transparan kepada dirinya. Ayah dari Al, El dan Dul ini juga menambahkan kalau pemilik royalti bahkan juga tidak bisa menanyakan soal hal-hal seputar asal dari pendapatan royalti tersebut.

"Misalnya saya ditransfer Rp 200 juta, saya enggak tahu dari mana aja itu. Saya enggak tahu dan enggak bisa ditanyain juga," lanjut Dhani.

Dhani juga terang-terangan menambahkan, ada satu momen yang membuatnya makin mantap untuk keluar dari LMK WAMI. Momen tersebut yaitu saat sebuah stasiun televisi mengundang rekan-rekannya seperti Andra Ramadhan, Ari Lasso, Once dan Judika dalam sebuah acara, tanpa dirinya namun membawakan lagu-lagu milik Dewa 19. Saat itu, Dhani merasa tidak terima namun tidak bisa menuntut karena stasiun televisi itu sudah membayar royalti ke LMK WAMI. 

Ke depannya, suami Mulan Jameela tidak ingin hal seperti ini terulang dan jika terjadi lagi maka Dhani akan langsung menuntut stasiun televisi yang bersangkutan 

"WAMI tidak bisa berbuat apa-apa. Maka dari itu, saya umumkan sekarang, kalau ada TV swasta atau EO mengadakan acara tanpa ada persetujuan tertulis dari saya, yaitu Ahmad Dhani, saya akan tuntut," tutupnya.

Baca Selengkapnya
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...