5 Fakta Mutiara Baswedan, Putri Anies Baswedan yang Menikah Hari ini - TrueID

5 Fakta Mutiara Baswedan, Putri Anies Baswedan yang Menikah Hari ini

TrueID IndonesiaJuly 29, 2022

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan diketahui akan menikahkan putri pertamanya, Mutiara Baswedan hari ini, Jumat 29 Juli 2022. Tia, begitu nama panggilannya segera melepas masa lajangnya usai menjalani prosesi lamaran pada tanggal 22 Mei 2022 lalu. Jika tidak ada halangan, pesta pernikahan juga akan digelar pada hari Sabtu, 30 Juli 2022 besok di Putri Duyung Resort, Ancol Jakarta.

Mungkin sebelumnya, tidak begitu banyak orang yang mengenal sosok Mutiara. Namun ternyata, banyak fakta menarik seputar pemilik nama lengkap Mutiara Annisa Baswedan ini, termasuk berbagai prestasi yang pernah ia dapatkan. Dan berikut ini, 5 fakta seputar Mutiara Baswedan:

1. Putri pertama Anies Baswedan – Fery Haryati

Mutiara merupakan putri pertama dari empat bersaudara pasangan Anies Baswedan dan Fery Haryati. Tia lahir pada tanggal 3 Juni, 25 tahun yang lalu. Tia sendiri merupakan satu-satunya anak perempuan Anies Baswedan, karena semua adik-adiknya adalah laki-laki.

2. Lulusan Universitas Indonesia

Mutiara tercatat merupakan lulusan Fakultas Hukum Universitas Indonesia. Tia terdaftar sebagai mahasiswi Fakultas Hukum UI sejak tahun 2016 dan resmi menjadi Sarjana Hukum pada tahun 2020 lalu. Tia sendiri turut merasakan wisuda secara online karena saat ia lulus, situasi pandemi Covid-19 tengah merebak di Indonesia. 

3. Memiliki Ciri Khas Rambut Keriting

Mutiara tampak selalu setia dengan rambut keritingnya. Seperti terlihat di akun Instagramnya, Tia nyaris tidak pernah berganti model hanya panjang atau pendek saja yang membedakannya. Selain rambut keriting, sepasang lesung di pipi juga menjadi ciri khas yang menghiasi penampilan lulusan SMU Lab School Jakarta ini. 

4. Penuh prestasi

Membawa nama besar sang ayah ternyata tidak membuat Mutiara terbebani. Buktinya, Tia seolah tidak mau kalah dengan Anies Baswedan dan memiliki begitu banyak prestasi. Pada tahun 2014 misalnya, Tia terpilih sebagai salah satu siswa pertukaran pelajar selama satu tahun di Denmark melalui AFS dan Bina Antarbudaya. Tia diketahui juga pernah mewakili Universitas Indonesia pada ajang National Model United Nations di tahun 2018.

Setahun kemudian, Tia kembali lolos dalam seleksi Program Youth Ambassador dan berangkat ke Amerika Serikat. Ajang Youth Ambassador sendiri merupakan program kerjasama antara Kedutaan Besar AS dengan Kementerian Luar Negeri Indonesia. Mutiara juga menjadi salah satu finalis Duta Muda ASEAN Indonesia di tahun 2019. Ia juga pernah menjadi juara ketiga di ajang 21st ALSA (Asian Law Students' Association) National English Competition.

5. Sosok calon suami adalah seorang dokter

Banyak yang bertanya soal siapakah sosok calon suami dari Mutiara. Pria yang bakal menjadi menantu dari Anies Baswedan ini bernama Ali Saleh Alhuraiby. Sama dengan Tia, Ali juga lulusan Universitas Indonesia dan mulai menempuh pendidikannya pada tahun 2016. Hanya saja berbeda dari Tia yang lulusan Fakultas Hukum, Ali sendiri adalah jebolan Fakultas Kedokteran dan berhasil meraih gelar Sarjana setelah 3,5 tahun kuliah, waktu yang terbilang cepat untuk ukuran mahasiswa S1.

Sosok Ali sendiri nyaris tidak pernah terlihat di akun Instagram Mutiara. Satu-satunya foto Ali adalah saat keduanya melangsungkan lamaran, namun di foto itu Ali tampak menutup mukanya sehingga tidak diketahui dengan jelas seperti apa parasnya. 

Baca Selengkapnya
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...