Fakta Mengharukan Tentang Mendiang Emmeril Khan Mumtadz - TrueID

Fakta Mengharukan Tentang Mendiang Emmeril Khan Mumtadz

TrueID IndonesiaJune 13, 2022

Kepergian Emmeril Khan Mumtaz alias Eril ternyata meninggalkan banyak kisah dan kesan yang baik dari orang-orang terdekatnya. Putra sulung Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil yang meninggal dunia karena tenggelam di Sungai Aare, Swiss tersebut kerap melakukan perbuatan baik selama hidupnya yang baru diketahui setelah ia meninggal dunia. Hebatnya lagi, tidak ada satupun yang memiliki pengalaman tidak menyenangkan dengan sosok Eril.

Berikut beberapa fakta mengharukan tentang Emmeril Khan Mumtaz selama hidupnya:

1. Eril dikenal sebagai sosok yang low profile. Salah satu dosennya di Institut Teknologi Bandung (ITB), Indrawanto bahkan mengaku dirinya sangat mengagumi kerendahan hati Eril yang tidak pernah menunjukkan kalau dirinya adalah anak orang nomor satu di Jawa Barat

“Saya juga belum mengenal bahwa dia itu adalah anak seorang Gubernur, jadi profilnya adalah low profile, sangat biasa di dalam hal ini, saya sangat kagum dia tidak menunjukkan bahwa saya itu adalah anak orang penting,” ungkap Indra seperti dikutip dari tvonenews.com

2. Eril ternyata juga dikenal sebagai orang yang sangat dermawan dan kerap berbagi dengan sesamanya. Ridwan Kamil dalam unggahan di media sosialnya menuliskan, bahwa ternyata selama hidupnya Eril senang membagikan baju lebaran kepada anak yatim. Selain itu, diam-diam Eril juga tidak pernah lupa membagi kebahagiaan di saat hari raya dengan memberikan THR kepada para satpam di sekitarnya.

"Dear Eril, ayahmu ini baru tahu, bukan hanya ratusan atau ribuan tapi jutaan yang mendoakanmu Ril. Dari anak-anak yatim di desa-desa, tukang ojek dan becak di belokan jalan kota sampai ulama-ulama di Palestina. Dari mereka yang dekat dengan hatimu sampai mereka yang sama sekali tidak mengenalmu. Mungkin ini karena kebaikanmu memberikan baju lebaran kepada anak-anak yatim itu. Atau karena kebaikanmu ngasih THR dari uangmu sendiri ke satpam-satpam itu ril?," tulis Ridwan Kamil.

3. Kekasih Eril, Nabila Ishma juga tak lupa memuji sosoknya yang disebut tidak pernah sekalipun memberikan kesedihan dan kenangan pahit selama mereka bersama. Nabila mengaku, selama berpacaran dengan Eril selalu mendapatkan perhatian bukan hanya untuk dirinya sendiri tapi juga keluarganya.

“Terimakasih sudah membuat aku bahagia selama ini. Terimakasih sudah dengan tulus memberikan perhatian dan kasih sayang bukan cuma untuk aku tapi juga keluarga aku. Terimakasih untuk setiap pelajaran yang kamu kasih. Terimakasih juga selalu menguatkan aku disaat aku ragu dengan diriku sendiri. Ril, Gaada satupun rasa sakit yang kamu tinggalkan, cuma ribuan kenangan manis yang akan selalu menjadi warna di hidup aku,” tulis Nabila di akun Instagramnya, @nabilaishma.

4. Meski sudah meninggal dunia, amal jariyah yang dilakukan Eril ternyata bisa sampai mengantarkan keluarganya termasuk sang adik, Zara yang baru berusia 17 tahun bisa berangkat haji karena undangan langsung dari pemerintah Arab Saudi. Kabar itu diungkapkan langsung oleh ibunda Eril, Atalia Praratya.

¨Allah maha kuasa atas segalanya Allah maha berkehendak Allah maha baik, Kang Emil dan saya Alhamdulillah tahun ini Insya Allah mohon di doakan kami diundang untuk melakukan ibadah haji dari pemerintah Arab Saudi," ujar Atalia Praratya, Minggu (12/6).

"Anak usia 17 tahun, tidak sepeserpun dia mengeluarkan uang dan tidak pernah berpikir menjadi seorang hajah di usia yang sangat kecil. Mungkin karena amal jariyah dari kakaknya," sambungnya.

5. Eril sempat mendirikan sebuah organisasi anak muda yang bertujuan untuk kegiatan sosial diberi nama Zillenial. Dengan semangat ‘Kami Muda, siap aksi’, Eril mengajak anak muda untuk memberikan dampak dan bermanfaat untuk masyarakat dalam bentuk apapun. Salah satu kegiatan yang dilakukan Eril dan rekan-rekannya adalah membagikan makanan gratis untuk para dhuafa di masa pandemi lalu.

Emmeril Khan Mumtaz dinyatakan meninggal dunia setelah jasadnya ditemukan usai hilang selama dua minggu di Sungai Aare, Bern Swiss. Pada hari Minggu, 12 Juni 2022 kemarin jenazah Eril sudah tiba di tanah air dan langsung disemayamkan di Gedung Pakuan, Bandung. Eril akan dimakamkan hari Senin ini, 13 Juni 2022 di Cimaung, Kabupaten Bandung dimana di tempat tersebut Ridwan Kamil sudah membuatkan desain khusus untuk pemakaman Eril berikut mesjid yang indah yang diberi nama Al-Mumtaz, yang diambil dari nama Eril.

Baca Selengkapnya
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...