Ahmad Dhani Minta Once Buktikan Pernah Bayar Royalti - TrueID

Ahmad Dhani Minta Once Buktikan Pernah Bayar Royalti

TrueID IndonesiaApril 4, 2023

Masalah royalti yang melibatkan dua musisi senior, Ahmad Dhani dan Once Mekel tampaknya masih belum menemui titik terang. Terkini, Ahmad Dhani kembali mengungkapkan bahwa hingga saat ini pihak Once belum pernah memberikan royalti atas lagu-lagu Dewa 19 yang pernah ia bawakan selama ini. Padahal menurut Dhani, sejak keluar dari Dewa 19 tahun 2010 lalu sudah tidak terhitung berapa kali Once manggung sendiri dengan selalu membawakan lagu Dewa 19.

Hal ini dikatakan Ahmad Dhani langsung dalam konferensi pers yang ia gelar pada hari Selasa (4/4). Meski saat itu, konferensi pers dilangsungkan dengan tujuan untuk menceritakan proses pembuatan video single terbarunya ‘Love Is Blind’, namun Dhani kembali mendapatkan pertanyaan soal perseteruannya dengan Once. Dhani pun tetap melayani pertanyaan wartawan soal pernyataan Once bahwa mantan suami Maia Estianty itu seharusnya menagih royalti kepada pihak Event Organizer (EO), bukan dirinya.

"Sebelumnya, beberapa tahun kita kosong nih, enggak ada job Dewa 19, tetapi Once kan jalan terus membawakan lagu Dewa 19. Saya mau tagih, katanya ada royalti, mana buktinya (sudah bayar royalti)? Show me the money," ujar Ahmad Dhani dalam konferensi pers di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat seperti dikutip dari Kompas.com, Selasa (4/4).

----------

Video Rekomendasi: Assalamualaikum Netizen

----------

Dhani kemudian juga menyindir Once yang seolah selalu berlindung di bawah EO. Menurut Dhani, jika memang selama ini Once mengaku bahwa royalti sudah dibayarkan oleh pihak EO, ia hanya ingin meminta bukti karena selama ini Dhani merasa tidak mendapatkan haknya tersebut. 

"Iya, maksudnya mana buktinya (sudah bayar royalti)? Enggak ada. Menurut saya, Once itu berlindung di EO. Katanya kan Once mau membantu pencipta lagu. Ya sudah, kasih kami bukti pembayaran daripada EO kepada kami dari 2010 hingga 2022. Minya buktinya kalau sudah pernah bayar, enggak ada buktinya," tegasnya.

Sebelumnya, Once sendiri sempat mengungkapkan kalau setelah ada pelarangan dari Ahmad Dhani ke depan ia tidak akan lagi membawakan lagu-lagu milik Dewa 19. Dhani memang meminta Once untuk berhenti membawakan lagu Dewa 19, karena Dewa 19 akan melangsungkan konser besar di beberapa kota di Indonesia. Dhani beralasan, dirinya ingin menjaga hak eksklusif untuk Event Organizer yang telah rela mengundang Dewa 19 di berbagai kota tersebut.

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...