Maroon 5 Hapus Bendera ‘Matahari Terbit’ dari Poster Tur Dunia! - TrueID

Maroon 5 Hapus Bendera ‘Matahari Terbit’ dari Poster Tur Dunia!

TrueID IndonesiaJuly 7, 2022

Bendera ‘Matahari Terbit’ tak lagi ada di dalam poster tur dunia Maroon 5 2022. Mereka mengganti simbol bendera itu dengan foto lima member Maroon 5 sejak Rabu (6/7).  

Sebelumnya poster ‘Matahari Terbit’ sempat mendapat kecaman keras dari netizen Korea Selatan tak berselang lama setelah pengumuman tur dunia Maroon 5 pada 3 Juli lalu. Ini tak lain karena bendera ‘Matahari Terbit’ merupakan simbol penjajahan Kerajaan Jepang di Korea Selatan dan berbagai negara lain dari 1910 hingga 1945. 

Kolonialisme Jepang menjadi sejarah kelam perjalanan Korea dan masih meninggalkan luka mendalam bagi mereka. Tak heran, simbol ini sangat tabu dan menyakitkan bagi mereka. 

“Ini adalah penghinaan bagi penggemar Korea,” tulis netizen mengomentari bendera itu seperti dilansir Korea JoongAng Daily.

null

Tiffany Young (kiri) dan unggahannya pada 2016 dengan simbol 'Matahari Terbit' yang memicu amarah warga Korea Selatan. (IG: @tiffanyyoungofficial/Koreaboo)

Maroon 5 sendiri memiliki jadwal tampil di Korea Selatan dalam rangkaian tur dunia. Mereka akan tampil di Gocheok Sky Dome, Seoul pada 30 November mendatang. 

Kasus bendera ‘Matahari Terbit’ paling heboh pernah dialami Tiffany Young dari Girls’ Generation pada 2016. Berdarah Korea tapi lahir dan besar di Amerika Serikat, Tiffany tidak mengerti arti bendera ‘Matahari Terbit’ bagi warga Korea Selatan. 

Tanpa disadari itu, dia mengunggah simbol ‘Matahari Terbit’ di media sosialnya usai konser bersama Girls’ Generation di Jepang. Fatalnya, dia mengunggah simbol itu sehari sebelum perayaan kemerdekaan Korea pada 15 Agustus. 

Tiffany Young mendapat banyak kecaman dari semua pihak. Sempat meminta maaf, tapi Tiffany justru dicoret dari berbagai program televisi dan memilih menepi sampai akhirnya pada satu tahun kemudian, dia hengkang dari SM Entertainment. (Tya)

Baca Selengkapnya
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...