4 Tempat yang Jadi Viral Karena Dijadikan Lokasi Syuting Film - TrueID

4 Tempat yang Jadi Viral Karena Dijadikan Lokasi Syuting Film

TrueID IndonesiaAugust 12, 2022

Rusun Sumber Arta, di kawasan Bintara Jaya Bekasi menjadi begitu viral usai dijadikan lokasi syuting film Pengabdi Setan 2: Communion. Banyak masyarakat yang begitu penasaran hingga akhirnya mengunjungi lokasi rusun ini, terlebih setelah salah satu konten kreator membuat sebuah video tentang betapa mengerikannya lokasi rusun yang telah terbengkalai selama 15 tahun ini. Rusun sendiri akhirnya menjadi sangat ramai dikunjungi dan membuat pihak keamanan yang bertugas di sana menjadi kewalahan.

Rusun Sumber Arta sendiri bukanlah satu-satunya tempat yang menjadi viral dan ramai dikunjungi masyarakat berkat dijadikan lokasi syuting sebuah film. Ada beberapa tempat lain yang awalnya tidak begitu diketahui lokasinya, namun kini menjadi dibicarakan banyak orang dan ramai dikunjungi. Berikut ini, 4 tempat yang jadi viral setelah dijadikan lokasi syuting film:

1. Desa Penari (KKN Di Desa Penari)

Meski lokasi syuting film KKN di Desa Penari adalah di Pedukuhan Ngluweng, Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta, namun banyak orang yang menyebut lokasi sebenarnya Desa Penari yang penuh mistis itu justru terletak di daerah Banyuwangi, Jawa Timur. Hal ini pertama kali diungkapkan oleh seorang Youtuber bernama Sultoni Irsyah. Sultoni mengunggah sebuah video kala ia mendatangi sebuah desa yang memang lokasinya mirip dengan kondisi di desa Penari. Hingga saat ini belum ada yang mengetahui secara pasti apakah lokasi ini benar-benar merupakan desa Penari yang sesungguhnya atau bukan.

2. Punthuk Setumbu dan Gereja Ayam (Ada Apa Dengan Cinta 2)

Yogyakarta selama ini tentu selalu diidentikkan dengan Candi Borobudur, Prambanan atau lokasi wisata belanja, jalan Malioboro. Mungkin tidak banyak yang tahu tentang Punthuk Setumbu ataupun Gereja Ayam jika bukan karena dijadikan lokasi syuting untuk film Ada Apa dengan Cinta 2. Dalam film yang dibintangi oleh Dian Sastrowardoyo dan Nicholas Saputra tersebut, Cinta dan Rangga mengunjungi sebuah bukit yang indah bernama Punthuk Setumbu dan Gereja Ayam. Keduanya menikmati pagi dari tempat tersebut, dan Cinta tampak takjub karena inilah kali pertama dirinya ke tempat tersebut. Dan setelah film Ada Apa dengan Cinta 2 tayang, dua lokasi ini langsung menjadi viral dan kini langsung diserbu para wisatawan yang begitu penasaran ingin menikmati keindahannya secara langsung.

3. SD Muhammadiyah dan Pantai Tanjung Tinggi Bangka Belitung (Laskar Pelangi)  

Film Laskar Pelangi begitu fenomenal saat pertama kali ditayangkan di bioskop tanah air. Diangkat dari novel karya Andrea Hirata, film ini mengisahkan perjuangan anak-anak Laskar Pelangi dalam menuntut ilmu. Lokasi syuting film ini bertempat di Gantong, Belitung Timur atau berjarak 100 km dari Tanjung Pandan. Di sanalah cerita Laskar Pelangi dimulai, dari sebuah sekolah sederhana bernama SD Muhammadiyah. Selain itu, Pantai Tanjung Tinggi juga menjadi lokasi dimana Ikal dan kawan-kawan sering bermain. Setelah film Laskar Pelangi tayang, replika SD Muhammadiyah yang dijadikan lokasi syuting film menjadi salah satu tempat yang paling diburu para wisatawan. Selain itu keindahan Pantai Tanjung Tinggi juga jadi tujuan wajib jika berkunjung di kepulauan Bangka Belitung.

4. Rusun Sumber Arta (Pengabdi Setan 2)

Film masih tayang, namun lokasi syuting film Pengabdi Setan 2 yaitu sebuah rusun sudah menjadi viral dimana-mana. Lokasi rusun yang sebenarnya terletak di Sumber Arta, Bintara Jaya Bekasi ini memang aslinya terlihat begitu menyeramkan. Rusun yang sudah mangkrak dan tidak berpenghuni lebih dari 15 tahun ini dipilih oleh sang sutradara, Joko Anwar awalnya karena ia ingin lokasi yang bisa digunakan untuk syuting selama 1,5 bulan. Selama dalam masa pencariannya, Joko sebelumnya selalu kesulitan karena tidak ada rusun yang bisa ia gunakan untuk jangka waktu selama itu. Akhirnya, berkat bantuan seorang followersnya di media sosial Joko Anwar menemukan rusun Sumber Arta setelah pencarian selama 4 bulan lamanya. Tak disangka, lokasi rusun ini kemudian menjadi begitu viral bahkan kini begitu ramai dikunjungi masyarakat hingga pihak pengembang terpaksa menutupnya demi keamanan. (RIDHO)

Baca Selengkapnya
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...