8 Fakta Menarik Olimpiade Tokyo, Greysia Polii Catat Rekor

August 9, 2021
nullAcara seremoni penutupan Olimpiade Tokyo 2020. (Twitter: @Tokyo2020)

Berbagai kejadian menarik dan unik terjadi sepanjang Olimpiade Tokyo 2020 dari 23 Juli hingga 8 Agustus 2021 yang diikuti 1.500 atlet dari 206 negara. Salah satunya catatan rekor dari atlet bulutangkis Indonesia, Greysia Polii. 

Berikut fakta dan momen menarik yang terjadi selama dua pekan perhelatan empat tahunan itu yang dirangkum TrueID.

1. Lyu Xiaojun asal China yang berusia 37 tahun menjadi peraih medali emas tertua dibagian putra. Dia sukses meraih medali emas di cabang angkat besi kelas 81kg. 

------------
Video Rekomendasi: Segalanya tentang Olimpiade 2020

------------

2. Dibagian putri, atlet bulutangkis Indonesia, Greysia Polii menjadi atlet tertua peraih medali emas setelah sukses di nomor ganda putri bersama Apriyani Rahayu dengan mengalahkan wakil China, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan, 21-19 dan 21-15. Greysia mencatat usia 33 tahun 356 hari. 

nullGreysia Polii/Apriyani Rahayu sumbangkan medali emas Olimpiade Tokyo 2020. (Twitter: @Athlete365)

3. Atlet termuda di Olimpiade Tokyo 2020 yakni Hend Zaza, atlet tenis meja dari Suriah yang berusia 12 tahun, 204 hari. Zaza, olympian pertama sejak 1992 yang mencatat usia termuda sejak atlet rowing, Carlos Font yang berusia 11 tahun pada Olimpiade 1992.

4. Atlet equestrian asal Australia, Mary Hanna menjadi atlet tertua dengan usia 66 tahun. Dia sudah enam kali tampil di Olimpiade.

5. Olimpiade Tokyo 2020 menjadi penampilan terakhir atlet senam asal Uzbekistan, Oksana Chusovitina. Atlet berusia 46 tahun itu sudah tampil di delapan Olimpiade mulai 1992 di Barcelona. 

nullPenampilan Oksana Chusovitina di Olimpiade dari masa ke masa. (Dari berbagai sumber)

6. Hadia Hosny, pebulutangkis asal Mesir yang mencuri perhatian bukan karena prestasinya. Tapi, profesinya di luar bulutangkis yang ternyata juga berprofesi sebagai anggota DPR Mesir.

7. Atlet loncat indah asal Britania Raya, Tom Daley yang juga peraih medali emas nomor sinkronisasi menara 10 meter mencuri perhatian saat aksinya merajut di tribun penonton disorot media. Aksinya ini sempat menjadi perbincangan dunia maya. 

nullTom Daley saat merajut di tribun penonton. (Twitter: @Tokyo2020)

8. Deretan atlet cantik di ajang Olimpiade mencuri perhatian, mereka menjadi perbincangan hangat di dunia maya. Mereka adalah Thet Htar Thuzar (atlet bulutangkis asal Myanmar),  Alica Schmidt (atlet atletik asal Jerman), Zehra Gunes (atlet voli asal  Turki), Yusra Mardini (atlet renang dari Refugee Olympic Team) dan Darya Klishina (pelari dari ROC). (Tya)

nullPara atlet cantik yang menghebohkan Olimpiade Tokyo 2020. (Berbagai sumber)

undefined

Baca Selengkapnya
Loading...
Loading...
Loading...