8 Fakta Greysia Polii, Pencetak Sejarah di Olimpiade Tokyo 2020

August 5, 2021
nullGreysia Polii bersama rekannya Apriyani Rahayu mencetak sejarah di ganda putri Olimpiade Tokyo 2020. (@greyspolii)

Greysia Polii masih tidak percaya jika dirinya menyabet medali emas Olimpiade Tokyo 2020 di nomor ganda putri bersama Apriyani Rahayu. Betapa tidak, diusia yang tak lagi muda sebagai seorang atlet, dia mampu meraih mimpi tertinggi. 

Perjalanan tangga juara tak mudah bagi atlet kelahiran Jakarta , 11 Agustus 1987, butuh Olimpiade ketiga, dia bisa merebut medali emas. Sembilan tahun lalu atau tepatnya Olimpiade 2012, Greysia bahkan menghadapi kecaman pasca insiden black card karena dia bersama Meiliana Jauhari dianggap ‘main sabun’ atau tidak bertanding serius demi menghindari lawan berat. Namun, dia berhasil bangkit bersama Apriyani yang usianya jauh lebih muda. 

“Sudah dua hari sejak gelar juara Olimpaide menempel di dada kami. Saya merasa sangat bangga dengan pencapaian ini, kata-kata tidak akan bisa menggambarkan betapa bersyukurnya saya, saya berterima kasih kepada yang sebenarnya memberi kesempatan ini, Tuhan," tulis Greysia di akun Instagramnya, @greyspolii, Rabu (4/8). 

-----------
Video Rekomendasi: 5 Rekor Tercipta oleh Greysia-Apriyani di Olimpiade 2020

-----------

1. Greysia anak ketiga dari lima bersaudara pasangan Wili Polii dan Evie Pakasi. Atlet yang menekuni dunia bulutangkis sejak usia delapan tahun ini sangat menyukai pancake.

2. Atlet berusia 33 tahun itu sudah menikah dengan Felix Djimin pada 23 Desember 2020. Sebelum memutuskan menikah, keduanya sempat berpacaran selama enam tahun. 

nullGreysia bersama suaminya, Felix Djimin dalam sesi pemotretan. (https://www.instagram.com/p/CPFzbkmMLMc/)

3. Saat berusia lima tahun, Greysia kecil hanya bisa bermain bulutangkis dari kardus yang dibuat mirip raket. Kesulitan ekonomi keluarga setelah ditinggal ayahnya, membuat ibunya berjibaku keras memenuhi kebutuhan Greysia.

4.Tak hanya jago memainkan raket di arena bulutangkis. Greysia ternyata jago bermain musik. Adiknya, Ade Polii bahkan mengungkapkan jika kakaknya jago bermain keyboard, gitar dan drum.

5. Selain hobi bermusik. Greysia juga hobi dengan fotografi dan diving. Untuk hobi kedua ini, dia sering melakukannya di Pulau Bunaken, Sulawesi Utara.

6. Greysia Polii bersahabat baik dengan penyanyi Agnes Monica. Keduanya kerap mengunggah kebersamaan mereka, termasuk karaoke bareng.

7. Keberhasilan Greysia mengingatkan Agnes dengan keinginan sahabatnya itu yang ingin menjadi juara dunia. Keinginannya itu bagian dari video musik lagunya, Muda (Le O Le O) yang rilis 2013 lalu. "Masih menyimpan screenshot dari 2014, @greysiapolii dan hari ini kamu menang medali emas Olimpiade!!! Aku bangga banget padamu," tulis Agnes dalam Instagram story saat pamer foto Greysia yang meraih emas Asian Games 2014 di Incheon.

nullTulisan Greysia dalam video musik Agnes Monica. (kompas.com)

8. Greysia Polii memiliki bisnis properti di kampung halamannya, Tomohon Sulawesi Utara. Dia memiliki komplek perumahan Grazia Residence. Komplek itu berjumlah 97 unit dengan 73 unit rumah subsidi dan 24 unit perumahan komersil. Harganya mulai dari 145 juta rupiah sampai 156,5 juta rupiah. (Tya)

undefined

Baca Selengkapnya
Loading...
Loading...
Loading...