Iwan Fals Rilis Lagu Bertajuk Kanjuruhan - TrueID

Iwan Fals Rilis Lagu Bertajuk Kanjuruhan

TrueID IndonesiaOctober 7, 2022

Musisi legendaris Indonesia, Virgiawan Liestanto atau lebih dikenal dengan nama Iwan Fals baru saja merilis lagu berjudul “Kanjuruhan”. Lagu tersebut merupakan ucapan belasungkawa atas peristiwa yang memakan ratusan korban pendukung tim kesebelasan Arema FC. Tragedi berdarah itu terjadi usai laga antara Arema FC melawan Persebaya Surabaya di stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jatim.

nullSumber foto: Instagram resmi Iwan Fals (@iwanfals)

Dalam lagu itu, Iwan Fals mengawali lagunya dengan kata-kata yang menghayat hati. Dalam liriknya, pria kelahiran 3 September 1961 itu menuliskan bahwa Tragedi Kanjuruhan banyak mengajarkan tentang kebodohan dan kemunafikan. Tetapi di saat yang sama, Kanjuruhan juga mengajarkan tentang kebersamaan dan kepedulian manusia.

Selain itu, Iwan Fals juga menyebut kata-kata Singo Edan yang merupakan julukan bagi Aremania. Ia juga menggambarkan kejadian yang terjadi saat itu seperti ratusan jiwa yang melayang, gas airmata dan ruang terkunci. Dia juga berharap kejadian seperti ini tidak terulang kembali sekaligus mendoakan agar korban yang meninggal dapat pergi dengan tenang.

Lagu Kanjuruhan dirilis di kanal YouTube Iwan Fals Official pada 5 Oktober 2022. Sampai artikel ini ditulis, lagu berdurasi 5 menit dan 26 detik ini sudah ditonton lebih dari 417 ribu kali. Sepanjang karier musiknya, Iwan Fals sudah menciptakan beberapa lagu bertema tragedi seperti 1910 dan Tampo Mas.  

Baca Selengkapnya
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...