Jenazah Eril Ditemukan, Dimakamkan Hari Senin di Tanah Air - TrueID

Jenazah Eril Ditemukan, Dimakamkan Hari Senin di Tanah Air

TrueID IndonesiaJune 9, 2022

Setelah melalui proses pencarian yang intensif selama dua pekan terakhir, jenazah putra sulung Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtaz yang hilang saat berenang di Sungai Aare, akhirnya ditemukan. Eril dikabarkan ditemukan di bendungan Engehalde, di Bern Swiss. Kabar ini disampaikan langsung oleh pihak berwajib Bern lewat rilis resmi mereka di situs https://www.police.be.ch/.

Menurut pernyataan tersebut, Eril ditemukan dalam keadaan sudah tidak bernyawa di bendungan Engehalde pada hari Rabu, 8 Juni 2022 beberapa menit menjelang pukul 06.50 pagi. Setelah melalui pemeriksaan forensik, akhirnya bisa dipastikan bahwa korban yang meninggal itu adalah WNI yang hilang di Aare sejak Kamis, 26 Mei 2022 lalu dan berusia 22 tahun, persis seperti ciri-ciri Eril. 

“Pada Rabu pagi, seorang pria tak bernyawa diangkat dari Aare di bendungan Engehalde di Bern. Almarhum merupakan WNI yang mengalami kecelakaan di kawasan Aare pada 26 Mei 2022,” demikian kalimat pembuka dari pernyataan resmi tersebut seperti dikutip dari https://www.police.be.ch/.

“Pada hari Rabu, 8 Juni 2022, sesaat sebelum 06:50, polisi wilayah Bern dilaporkan bahwa seorang pria tak bernyawa tergeletak di air di bendungan Engehalde di Bern. Spesialis dari polisi maritim dari polisi cantonal Bern dapat menemukan mayat di cekungan limpahan bendung dan kemudian menyelamatkannya. Hanya bisa dipastikan bahwa pria itu sudah meninggal dunia. Dari pemeriksaan forensik yang dilakukan, diketahui bahwa korban meninggal adalah WNI yang hilang di Aare sejak Kamis, 26 Mei 2022. Pria berusia 22 tahun itu pergi berenang di sungai dan mengalami keadaan darurat. Dia tenggelam akibat kecelakaan ini.” 

“Sejak pria itu hilang, tindakan pencarian intensif telah dilakukan. Banyak layanan darurat mencari orang hilang dari darat dan air. Antara lain, drone, perahu, penyelam, dan anjing polisi digunakan. Semua penyelidikan sekarang selesai,” tutup pernyataan tersebut.

Kabar ditemukannya Eril juga dikonfirmasi langsung oleh pihak Kedutaan Besar Republik Indonesia di Bern. Dubes RI untuk Swiss, Mulaman Darmansyah Hadad menjelaskan bahwa pihak Kepolisian Bern sudah memberitahukan sebelumnya bahwa telah ditemukan jenazah yang diduga adalah Emmeril Khan Mumtaz.

"Bahwa kemarin kepolisian Bern telah bertemu kami di KBRI, untuk menyampaikan info awal mengenai ditemukan jasad yang diduga Eril. Sekitar 06.30 pagi, 8 Juni. Pihak kepolisian lalu mengonfirmasi dari tes DNA pada tanggal 9 Juni, bahwa jasad yang ditemukan adalah Eril" ungkap Muliaman dikutip dari Okezone.

Sementara itu dalam akun media sosialnya, Ridwan Kamil memastikan bahwa jenazah Eril akan langsung diterbangkan ke tanah air pada hari Minggu, 12 Juni 2022 mendatang dan kemudian akan dimakamkan pada hari Senin nya. Emil juga mengucapkan rasa terima kasihnya kepada seluruh pihak baik yang sudah membantu pencarian maupun yang mendoakan keluarganya selama ini.

“Alhamdulillah ya Allah SWT, Engkau telah mengabulkan permohonan doa kami. Jenazah ananda Emmeril Khan Mumtaz sudah ditemukan. Jenazah Eril Insya Allah akan kembali ke tanah air di hari Minggu dan dimakamkan hari Senin,” tulis Ridwan Kamil dalam unggahan video di akun media sosialnya.

“Terima kasih kepada KBRI Swiss dan Kepolisian/Pemerintah Kota Bern atas kerja kerasnya. Jazakallah kepada semua pihak yang turut membantu dalam pencarian dan kepada yang ikhlas mendoakan Eril, semoga Allah SWT membalas berlipat kebaikan dan keikhlasan anda semua. Sungguh Tuhanku, kami tenang sekarang. Engkau sungguh Maha Pengasih, Maha Penyayang dan Maha Pengabul doa kami,” tutup Ridwan Kamil. (Ridho)

Baca Selengkapnya
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...