Jumlah Penonton Film Indonesia Tahun Ini Tembus 55 Juta! - TrueID

Jumlah Penonton Film Indonesia Tahun Ini Tembus 55 Juta!

TrueID IndonesiaDecember 21, 2022

Setelah nyaris selama dua tahun terpuruk akibat pandemi Covid-19, perlahan tapi pasti industri perfilman Indonesia mulai bangkit lagi di sepanjang tahun 2022. Tidak tanggung-tanggung, film Indonesia bahkan berhasil menjadi tuan rumah di negeri sendiri usai meraup 70 persen dari total 55 juta penonton bioskop di sepanjang tahun ini. Kabar tersebut diungkapkan langsung oleh Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf, Muhammad Neil El Himam.

Menurut Neil, torehan luar biasa yang diraih film-film karya sineas lokal itu dengan mendominasi bioskop di Indonesia merupakan pertama kalinya sepanjang sejarah.

“Tahun ini tembus 55 juta penonton Indonesia, dan sekitar 70 persen dari total penonton bioskop adalah penonton Indonesia, ini kali pertama film Indonesia mendominasi di bioskop,” ungkap Neil dalam acara ‘Seminar Hasil Penelitian dan Penandatanganan Nota Kesepakatan antara Lembaga Sensor Film dengan Pemerintah Daerah, Perguruan Tinggi, BUMN, dan Organisasi Profesi seperti dikutip dari Okezone, Selasa (20/12).

----------

Video Rekomendasi: Dear Stranger

----------

Selanjutnya Pemerintah sendiri memastikan akan terus mendukung perkembangan industri film Indonesia dengan menggelar festival film bulanan. Harapannya, semoga nanti dari industri film akan bisa menjadi penopan ekonomi nasional nantinya

“Kami sendiri Kemenparekraf juga punya program-program seperti festival film bulanan, sebagai bentuk nyata mendorong kemajuan film-film kita. Semoga bisa menjadi bagian penting dalam mengembangkan sosial ekonomi kreatif film sebagai penopang ekonomi nasional kedepannya,” tutup Neil.

Memang, di sepanjang tahun 2022 ini film-film Indonesia sukses mendapatkan jumlah penonton yang sangat fantastis. Bahkan rekor jumlah penonton film Indonesia terbanyak sepanjang sejarah sendiri yang sebelumnya dipegang oleh Warkop DKI Reborn selama tiga tahun, akhirnya berhasil pecah di tahun ini lewat film KKN Di Desa Penari yang sukses meraup lebih dari 9 juta penonton. Selain KKN Di Desa Penari, beberapa judul film yang juga mendapatkan jumlah penonton fenomenal antara lain Pengabdi Setan 2 (6,3 juta penonton), Miracle In Cell No. 7 (5,8 juta) hingga Ngeri-ngeri Sedap (2,8 juta).

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...